%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI KHODIJAH , NIM. 09470144 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11066 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Ivan Illich, Opportunity Web, sekolah alternatif, Qaryah Thayyibah. Pembimbing : %T RELEVANSI PEMIKIRAN IVAN ILLICH TENTANG OPPORTUNITY WEB DENGAN SEKOLAH ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11066/ %X Penelitian ini didasarkan pada pertama, mulai berkembangnya pendidikan berbasis komunitas yang mengindikasikan adanya transformasi gagasan pendidikan kritis. Kedua, hilangnya kesempatan bersekolah pada beberapa kalangan diasumsikan hilangnya kesempatan mendapatkan pendidikan. Ketiga, pendidikan murah dan bermutu bukan hal yang mustahil. Keempat, penggunaan teknologi komunikasi dan informasi hanya ditempatkan sebagai fasilitas pendukung bukan basis belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui deskripsi pemikiran Ivan Illich tentang Opportunity Web. (2) Mendeskripsikan bentuk transformasi wacana gagasan Opportunity Web pada Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Metode Pengumpulan data melalui klasifikasi data primer dan data sekunder. Pada penelitian kepustakaan ini penulis menggunakan metode analisa data deskriptif analitik. Hasil dari penelitian kepustakaan ini menunjukkan (1) Opportunity Web merupakan spektrum baru sistem pendidikan yang memiliki empat pola, yaitu pertama, menjadikan lingkungan dan teknologi sebagai sarana belajar, kedua, memberikan kesempatan luas dan terbuka kepada semua orang untuk berbagi pengetahuan, ketiga, memberikan kesempatan pada setiap siswa untuk memiliki mitra belajar yang dibutuhkan, keempat, menyediakan fasilitator sebagai pendamping maupun sebagai sumber informasi dalam proses belajar. (2) Bentuk transformasi wacana gagasan Opportunity Web pada Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah nampak pada dimensi landasan, dimensi konsep dan dimensi praksis dalam penyelenggaraan pendidikan. %Z Drs. Edy Yusuf Nur SS, M.M., M.si