%0 Thesis %9 Skripsi %A ARIS ABDUL HADI, NIM. 09470133 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11071 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Nilai, Pendidikan Multikultural, PAI, PAK. %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA 5 KOTAGEDE DAN SMA KOLESSE DE BRITO (STUDI KOMPARASI TEKS MATA PELAJARAN PAI DAN PAK) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11071/ %X Aris Abdul Hadi, Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di SMA 5 Kotagede dan SMA Kolesse De Brito (Studi Komparasi Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen) Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan, Yogyakarta 2014. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan Islam dan Kristen, untuk mengetahui nilai-nilai multikultural pada tingkat SMA. Nilai-nilai multikultural itu sudah diteliti lintas agama, perbedaan, persamaan, dan visi-misinya dapat dilihat pada pendidikan Islam-Kristen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Researh). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini : 1) Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam mata pelajaran PAI dan PAK memiliki nilai-nilai yang sama dalam teks tersebut. Hal ini disebabkan karena PAI dan PAK merupakan alat untuk memajukan pendidikan di Indonesia. PAI mengajarkan para siswanya agar berkehidupan toleransi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat. Adapun di PAK juga demikian, mengajarkan toleransi di sekolah, terhadap pemeluk agama lain disekitarnya. 2) terkait dengan nilai-nilai multikultural, di PAK lebih besar daripada PAI. Karena PAK menjelaskan lebih detail ketika saling menghargai antar umat beragama yang ada di Indonesia, dengan menggambarkan kehidupan enam agama yang saling berdekatan. Sedangkan PAI hanya menggambarkan kehidupan bertoleransi, tanpa menyebutkan agama-agama di sekelilingnya. 3) Nilai-nilai multikultural dalam teks mata pelajaran PAI dan PAK adalah: demokrasi, kesetaraan, keadilan, persatuan, perdamaian, dan kerukunan. %Z Pembimbing : Agus Nuryatno, MA. Ph.D