%0 Thesis %9 Skripsi %A M.SYAWALUDDIN , NIM. 09420051 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11075 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN DENGAN AKTIFITAS MUHĀDAṠAH DALAM BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TṠANAWIYAH PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA 2012-2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11075/ %X M.Syawaluddin. Hubungan antara lingkungan dengan aktifitas muhādaṡah dalam bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Piyungan Bantul Yogyakarta 2012-2013. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2013. Latar belakang masalah Bahasa merupakan alat komunikasi yang utama bagi manusia untuk menyampaikan ide, pikiran, gagasan dan perasaannya. Sebagai alat komunikasi tentunya bahasa tidak dapat dipisahkan dari manusia dan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan, karena bahasa adalah termasuk kebutuhan manusia dalam berhubungan dengan sesamanya, manusia selaku “makhluk sosial”.Komunikasi merupakan salah satu penting dalam kehidupan manusia dan berbicara juga menjadi alat komunikasi tatap muka yang vital, jika seseorang dapat berkomunikasi dengan baik, maka dapat dijamin bahwa orang tersebut dapat menyampaikan maksud dan tujuannya yang baik pula, tetapi apabila ia tidak dapat berkomunikasi dengan baik, maka mungkin saja dapat terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi yang dibangunnya. Dalam hal ini bagaimana membentuk lingkungan kebahasaan (Bi’ah lugowiyyah). Manusia hidup dalam lingkungan yang baik maka bahasa pun akan menjadi baik. Penelitian ini merupakan penelitian hubungan lingkungan kebahasaan dengan muhādatṡah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisa data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data mereduksi data yang telah terkumpul, mendeskrupsikan data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi data antara variabel X dan variabel Y dengan masing-masing variabel melibatkan 25 sample, mlebi mendalam dengan menggunakan SPSS Dari hasi output penelitian dapat kita simpulkan bahwa “LINGKUNGAN dan BAHASA” memiliki hubungan yang lemah serta “LINGKUNGAN” kurang berpengaruh terhadap “BAHASA”. Semakin tinggi pengaruh lingkungan maka semakin besar pula bahasa didalam menunjang pembelajaran siswa, begitu juga sebaliknya(Semakin rendah pengaruh lingkungan maka semakin kecil pula bahasa didalam menunjang pembelajaran siswa ). %Z Pembimbing : Dr, Asrori Sa’ud M.S.I