@phdthesis{digilib11077, month = {January}, title = {PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL- KALAM PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA?ARIF GIRILOYO II TAHUN PELAJARAN 2012/2013 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09420005 NUR ASIYAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : M. Jafar Shodiq,M.S.I}, keywords = {Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran, mah{\=a}rah al-kal{\=a}m }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11077/}, abstract = {Nur Asiyah, Problematika Pembelajaran Mah{\=a}rah al-kal{\=a}m Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas V MI Ma?arif Giriloyo II Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Jurusan Pendiddikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta, 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Mah{\=a}rah al-kal{\=a}m pada mata pelajaran bahasa Arab di MI Ma?arif Giriloyo II, dan untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran Mah{\=a}rah al-kal{\=a}m pada mata pelajaran bahasa Arab MI Ma?arif Giriloyo II, serta mengetahui solusi yang di berikan guru terhadap problematika pembelajaran Mah{\=a}rah alkal{\=a}m pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas V MI Ma?arif Giriloyo II. Jenis penelitian ini adalah merupakan penelitian kualitatif (qualitative reseach) yaitu suatu penelitian yang berbentuk deskriptif analitis dan hasilnya di gambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma?arif Giriloyo II tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan yaitu deskriptif-analitik, yaitu mendiskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran mah{\=a}rah alkal{\=a}m pada mata pelajaran bahasa Arab di MI Ma?arif Giriloyo II masih menggunakan metode konvensional dengan tujuan membekali siswa agar dapat memiliki keterampilan berbahasa. Adapun evaluasi pembelajaranya dilaksanakan dengan cara memberikan tugas rumah, memberikan tugas kelompok, ujian tengah semester (UTS), dan ujian aklhir semester (UAS) Problemaatika pembelajaran mah{\=a}rah al-kal{\=a}m pada mata pelajaran bahasa Arab di MI Ma?arif Giriloyo II ialah: pertama, metode yang di gunakan masih menggunakan metode konvensional, kurangnya variasi metode yng digunakan oleh guru dan ketidaksesuaian antara metode dan tujuan pembelajaran: kedua, ketidaktahuan guru tentang metode, kurangya penguasaan kelas serta lemahnya penguasaan materi oleh guru; ketiga, kurangnya motivasi dan minat yang dimiliki siswa dalam belajar serta lemahnya pengetahuan siswa tentang bahasa Arab. Adapun solusi dari problematika tersebut terdapat dua bagian yaitu dari guru dan siswa, adapun solusi yang dilakukan oleh guru adalah meningkatkan mutu pembelajaran, sedangkan solusi dari siswa adalah siswa lebih giat dalam belajar mah{\=a}rah al-kal{\=a}m. } }