@phdthesis{digilib11078, month = {January}, title = {TELAAH UNSUR-UNSUR BEHAVIORISTIK PADA PENDEKATAN DAN METODE BEHAVIORISTIK }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10421002 RAHMA DESYANI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. H. Nazri Syakur, M.A}, keywords = {Kata kunci: Teori Behavioristik, Metode Langsung, Metode Audiolingual, Pendekatan Alamiah. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11078/}, abstract = {Rahma Desyani, Telaah unsur-unsur teori Behavioristik pada Pendekatan dan Metode Behavioristik. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam Teori Behavioristik, Metode dan Pendekatannya. Menggali unsur-unsur Behavioristik yang mempengaruhi Pendekatan dan Metode pengajarannya, Menentukan Metode yang paling banyak mengandung unsur-unsur Behavioristik, juga menelaah jika ada pengaruh unsur-unsur teori lain (Kognitivistik, Humanistik). Pendekatan dan Metode yang di maksud adalah Metode Langsung, Metode Audiolingual, dan Pendekatan Alamiah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data literer atau data tertulis seperti buku, jurnal, artikel dll yang terkait dengan teori Behavioristik, juga Pendekatan dan Metodenya. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Metode Audiolingual Mengandung Unsur Behavioristik daripada Metode Langsung dan Metode Alamiah. Hal ini berdasarkan Pernyataan Bahwa Metode Audiolingual secara khusus mengadopsi pandangan-pandangan Bahasa yang dicetuskan oleh BF Skinner. } }