@phdthesis{digilib11085,
           month = {February},
           title = {KLASIFIKASI GAYA MENGAJAR GURU PAI
DI SMAN 1 YOGYAKARTA
},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM. 10411031 ASHIF AZ ZAFI},
            year = {2014},
            note = {Pembimbing : Dr. Tasman Hamami, MA,},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11085/},
        abstract = {ASHIF AZ ZAFI. Klasifikasi Gaya Mengajar Guru PAI di SMAN 1
Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini
adalah munculnya masalah terkait gaya mengajar Guru PAI. Masalah tersebut
seperti guru yang mengajar tidak sesuai bidang studinya, tidak mampu mengelola
pembelajaran dengan baik, tidak mampu melakukan sosialisasi dengan siswa
sehingga menimbulkan pembelajaran yang tidak menarik dan rendahnya prestasi
belajar siswa. SMA Negeri 1 Yogyakarta sebagai sekolah teladan di Yogyakarta
akan menjadi percontohan mengenai gaya mengajar Guru PAI yang baik karena
terbukti prestasi belajar siswanya baik. Yang menjadi permasalahan adalah
bagaimana klasifikasi gaya mengajar Guru PAI dan bagaimana dampaknya
terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini
bertujuan mengklasifikasikan Guru PAI berdasarkan gaya mengajarnya serta
menganalisis dampaknya terhadap prestasi siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMA Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna
itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
mengadakan triangulasi data dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan
sumber ganda dan metode ganda.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketiga Guru PAI di SMA Negeri 1
Yogyakarta yaitu Bapak Drs. Syahrullah M, Bapak Muhammad Anas, S.Pd.I dan
Bapak M. Masyhudi, S.Ag dapat diklasifikasikan ke dalam Gaya Mengajar
Demokratis. (2) Gaya Mengajar Demokratis Guru PAI berdampak positif terhadap
prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari
jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hanya
terdapat 6 siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari
total 74 siswa. Ini berarti 92\% siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) dan 8\% siswa tidak dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM).

}
}