@phdthesis{digilib11089, month = {January}, title = {STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB BERDASARKAN BAHAN AJAR ANTARA MAN TEMPEL DENGAN MAN GODEAN }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10420080 ETRI MULYATI }, year = {2014}, note = { Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag. }, keywords = { Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11089/}, abstract = {Etri Mulyati, Studi Komparasi Penggunaan Bahan Ajar Bahasa Arab Antara MAN Tempel dengan MAN Godean, Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI Keagamaan di MAN Tempel sebagai pengguna buku paket dan MAN Godean sebagai pengguna LKS serta mengetahui perbedaan prestasi belajar bahasa Arab siswa antara MAN Tempel dan MAN Godean. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis komparasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Prestasi belajar siswa kelas XI Keagamaan di MAN Tempel yang menggunakan bahan ajar berupa buku ?Mahir Bahasa Arab 1?, dilihat dari nilai mean untuk nilai tes tertulis sudah memenuhi nilai KKM yaitu 83.0, nilai kalam belum memenuhi KKM karena nilainya 72.5 dan nilai UAS sudah memenuhi KKM yaitu 75.3. 2) Prestasi belajar siswa kelas XI Keagamaan di MAN Godean yang menggunakan bahan ajar berupa LKS Fitrah kelas XII, dilihat dari nilai mean untuk nilai tes tertulis, kalam dan UAS sudah memenuhi nilai KKM yaitu 86.5; 79.4 dan 80.7. 3) Adanya perbedaan antara prestasi belajar siswa MAN Tempel dengan MAN Godean dilihat dari output analisis deskriptif frekuensi, segi mean, median, modus, standar deviasi, dan persentil. } }