%0 Thesis %9 Skripsi %A FITRIA APRILIYANI, NIM. 09420075 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11097 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Konsep diri, Prestasi Belajar Ta’bir Syafahi . %T KORELASI KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR TA’BIR SYAFAHI MAHASISWI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11097/ %X Fitria Apriliyani (09420075). Korelasi konsep diri dengan prestasi belajar Ta’bir Syafahi Mahasiswi Ma’had Ali bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi belajar Ta’bir Syafahi pada mahasiswi Ma’had Ali bin Abi Thalib. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam meningkatkan pembelajaran Ta’bir Syafahi, khususnya di Ma’had Ali bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Pengumpulan data utama menggunakan angket kemudian dilengkapi dengan observasi, dan wawancara narasumber. Untuk penarikan sample, penelitian ini menggunakan simple random sampling, yaitu pengambilan sample secara acak dan tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Adapun sample yang diambil peneliti berjumlah 28 orang. Pengkajian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis korelasi menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menolak hipotesis alternatif, yang berarti bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar -0,036 nilai tersebut lebih mendekati 0 maka hubungan yang terjadi adalah lemah. Konsep diri yang dimiliki mahasiswi rata-rata berada pada ranking sedang. Sebanyak 11% mahasiswi berada pada ranking tinggi, 71% berada pada rangking sedang, dan 18% berada pada ranking rendah. Demikian pula dengan dengan prestasi belajar Ta’bir Syafahi rata-rata mahasiswi berada pada ranking sedang. Perbedaannya terletak pada prosentase masing-masing rankingnya, yaitu sejumlah 14% mahasiswi berada pada ranking tinggi, 68% mahasiswi berada pada ranking sedang, dan 18% mahasiswi berada pada ranking rendah. %Z Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si