eprintid: 11098 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/10/98 datestamp: 2014-03-19 07:20:15 lastmod: 2017-02-07 03:04:50 status_changed: 2014-03-19 07:20:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HASHERA LUNGIT SATYAJATI , NIM. 09480076 title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Efektivitas, Media benda konkrit, Media gambar, Prestasi belajar Matematika, Metode Quasi Eksperiment note: Pembimbing : Luluk Mauluah, M.S.I abstract: Hashera Lungit Satyajati, “Efektivitas Penggunaan Media Benda Konkrit Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media benda konkrit terhadap prestasi belajar matematika pada materi pembagian siswa kelas II di MI Ma’arif Bego dan mengetahui efektifitas penggunaan media benda konkrit terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pembagian siswa kelas dua di MI Ma’arif Bego. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II semester 2 MI Ma’arif bego Maguwoharjo Sleman yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jadi, sampel yang digunakan berjumlah 59 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal posttest. Analisis data menggunakan uji t antar kelompok. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil analisis uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen. Hasil analisis statistik deskriptif rata-rata nilai posttest kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebanyak 7.296 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebanyak 6.221. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan nilai posttest dengan Thit 2,356 dengan probability (p) 0,022 signifikan yang ditandai oleh p ≤ 0,05 yang artinya H0 ditolak karena terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya penggunaan media benda konkrit efektif digunakan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas II MI Ma’arif Bego Maguwoharjo pada mata pelajaran matematika materi pembagian. date: 2014-01-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: HASHERA LUNGIT SATYAJATI , NIM. 09480076 (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11098/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11098/2/BAB%20II%2C%20III.pdf