relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/ title: PERAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH BELAJAR (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM) creator: JUARMAN HASIBUAN, NIM. 08470062 subject: Kependidikan Islam description: JUARMAN HASIBUAN, Peran Kecerdasan Emosi Terhadap Pemecahan Masalah Belajar Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa emosi adalah kemampuan yang mempunyai daya terampuh dalam diri manusia itu sendiri, sehingga dapat memberikan warna kepada kepribadian seseorang, aktivitas, penampilan bahkan kesehatan jiwanya. Emosi merupakan dapat mengontrol jiwa pribadi yang sehat, karena emosi yang dikontrol dengan baik dapat meningkatkan antusias, kepuasan, saling percaya dan komitmen yang pada gilirannya berdampak besar terhadap peningkatan kualitas kehidupan manusia. Mengetahui peran kecerdasan emosi dalam pembelajaran, mengetahui dan menjelaskan peran kecerdasan emosi terhadap pemecahan masalah belajar, dan mengetahui peran kecerdasan emosi terhadap pemecahan masalah belajar perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian studi pustaka (Libray Research), yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tempat-tempat penyimpanan hasil penelitian yaitu perpustakaan. Peniliti menggunakan metode pengumpulan data melalui dokumentasi, yang menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, dokemen-dokemen dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (Content Analisis), yaitu teknik untuk menarik kesimpulan melalui usaha yang menemukan karakteristik pesan yang penggarapannya dilakukan secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosi merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. 1) Peran Kecerdasan Emosi Dalam Pembelajaran, kemampuan-kemampuan kecerdasan emosi yang berperan dalam pembelajran itu adalah a) Kemampuan memotivasi diri sendiri, motivasi berfungsi sebagai pendorong, pengarah, dan sekaligus sebagai penggerak peserta didik dan pendidik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. b) Kemampuan bertahan dalam menghadapi frustasi belajar, kemampuan bertahan ini adalah untuk mengatasi setiap permasalahan dan kesulitan dalam pembelajaran sehingga melahirkan sikap tidak mudah putus asa. c) Kemampuan berempati dan berdoa, kemampuan ini merupakan kesadaran terhadap perasaan, kebutuhan dan kepentingan orang lain. 2) Peran Kecerdasan Emosi Terhadap Pemecahan Masalah Belajar, kemampuan kecerdasan emosi yang ada dalam diri peserta didik akan melahirkan sikap optimis yang mempersiapkan diri untuk mengatasi dan menghadapi permasalahan dalam belajar. 3) Peran Kecerdasan Emosi Terhadap Pemecahan Masalah Belajar Perspektif Pendidikan Islam, kecerdasan emosi yang ada dalam diri manusia merupakan kemampuan yang dapat membawa manusia ke arah kebaikan dan keburukan, dan Al-Qur’an sebagai penuntun jalan untuk mengendalikan emosi dalam diri manusia ke arah kebaikan. date: 2014-01-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/2/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/3/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/4/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/5/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/6/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/7/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/8/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/9/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/14/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/15/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/16/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/17/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/18/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/19/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/20/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11109/21/small.jpg identifier: JUARMAN HASIBUAN, NIM. 08470062 (2014) PERAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH BELAJAR (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.