eprintid: 11110 rev_number: 36 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/10 datestamp: 2014-03-20 02:46:04 lastmod: 2017-07-28 01:16:50 status_changed: 2014-03-20 02:46:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KURNIA ELISA PUTRI, NIM. 10421011 title: HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA TEKS ARAB DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2011-2012 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted note: Pembimbing : Drs. Asrori Saud, M.Si abstract: Kurnia Elisa Putri. Hubungan Intensitas Membaca Teks Arab Dengan Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakara Tahun Akademik 2011-2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat intensitas membaca teks Arab; (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis karangan bahasa Arab; (3) menguji hubungan antara intensitas membaca teks Arab dengan kemampuan menulis karangan bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab tahun akademik 2011-2012 yang berjumlah 144 orang. Sampel penelitian ini di ambil sebesar 19% sehingga didapat sampel sebanyak 28 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling (sampel acak). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket), tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) intensitas membaca teks Arab mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun akademik 2011-2012 dengan jumlah mahasiswa 28 orang dapat diketahui bahwa sebanyak 16 orang mahasiswa (57,14%) berada pada kategori sedang, 7 orang mahasiswa (25%) berada pada kategori tinggi, dan 5 orang mahasiswa (17,86%) berada pada kategori rendah; (2) kemampuan menulis karangan bahasa Arab mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun akademik 2011-2012 dengan jumlah mahasiswa 28 orang dapat diketahui bahwa sebanyak 15 orang mahasiswa (53,57%) berada pada kategori sedang, 4 orang mahasiswa (14,29%) berada pada kategori tinggi, dan 9 orang mahasiswa (32,14%) yang berada pada kategori rendah; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas membaca teks Arab dengan kemampuan menulis karangan bahasa Arab pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun akademik 2011-2012 sebesar 7,34 dengan r hitung 0,734 dan r tabel (n=500) adalah 0,115 pada taraf koefisien 1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teks Arab dengan karangan bahasa Arab mempunyai hubungan timbal balik. Hal ini dikarenakan dalam teks Arab pasti terdapat tulisan-tulisan atau karangan yaang menjadi dasar dalam sebuah teks Arab. date: 2014-01-24 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KURNIA ELISA PUTRI, NIM. 10421011 (2014) HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA TEKS ARAB DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2011-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11110/31/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11110/1/BAB%20II%2C%20III.pdf