relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11112/ title: STUDI EKSPERIMEN TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TINGKAT PEMULA DI MAN GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014 creator: LILIK DWI NUR INDAHSARI, NIM. 10420083 subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Lilik Dwi Nur Indahsari, Studi Eksperimen Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Tingkat Pemula di MAN Godean Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara kelompok eksperimen (kelompok yang menerapkan teori kognitif Bruner dalam pembelajaran bahasa Arab) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menerapkan teori kognitif Bruner dalam pembelajaran bahasa Arab) pada tingkat pemula di MAN Godean tahun ajaran 2013/ 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang baru pertama kali belajar bahasa Arab di MAN Godean, yang berjumlah 102 peserta didik. Pengambilan sampel diambil dengan tehnik random sampling. Sampel yang dapat peneliti gunakan berjumlah 28 peserta didik, 14 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 14 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, tes, observasi dan wawancara serta metode dokumentasi sebagai pendukung. Pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas isi dan uji reliabilitas dengan cara split-half atau belah dua. Untuk menarik kesimpulan dari tujuan penelitian ini maka peneliti menggunakan uji U Mann- Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen (kelompok yang menerapkan teori kognitif Bruner) dan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menerapkan teori kognitif Bruner) dalam pembelajaran bahasa Arab bagi tingkat pemula di MAN Godean tahun ajaran 2013/ 2014. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelompok eksperimen sebesar 76,07 dan kelompok kontrol sebesar 55. Signifikansi perbedaan hasil belajar tersebut juga ditunjukkan melalui hasil uji U Mann-Whitney yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001. date: 2014-01-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11112/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11112/2/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: LILIK DWI NUR INDAHSARI, NIM. 10420083 (2014) STUDI EKSPERIMEN TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TINGKAT PEMULA DI MAN GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.