%0 Thesis %9 Skripsi %A LINDA TISA PURWANI, NIM. 09480023 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11113 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci : implikasi nilai karakter peduli lingkungan %T IMPLIKASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11113/ %X LINDA TISA PURWANI, Implikasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implikasi nilai karakter peduli lingkungan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan nilai karakter peduli lingkungan di MIN Kebonagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil latar MIN Kebonagung. Subyek penelitian ini adalah Kepala MIN Kebonagung, guru, dan siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menyusun data melalui bentuk-bentuk kata atau kalimat dan dipisahkan menurut kategori yang ada untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi nilai karakter peduli lingkungan di MIN Kebonagung melalui Program Adiwiyata sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Program Adiwiyata, yaitu partisipatif dan berkelanjutan. Nilai karakter yang terbentuk di MIN Kebonagung yaitu: peduli terhadap lingkungan sekitar, tanggung jawab, hidup sehat, hidup hemat, kreatif, rasa ingin tahu, mencintai keindahan, nilai religius, disiplin, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, sikap tertib, empati, peduli sosial, rasa hormat, dan sopan santun.Faktor pendukung pengembangan implikasi nilai karakter pendidikan lingkungan hidup di MIN Kebonagung yaitu : pertama, lokasi madrasah mendukung dan halaman yang cukup luas; kedua, dukungan dari masyarakat sekitar; ketiga, dukungan dari kepala sekolah, komite sekolah, guru, siswa, dan karyawan; keempat, fasilitas pendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan; kelima peran aktif siswa. Sedangkan faktor penghambat pengembangan implikasi nilai karakter pendidikan lingkungan hidup di MIN Kebonagung yaitu: pertama, adanya pengaruh negatif dari luar; kedua, siswa yang heterogen dari latar belakang keluarga dan pengetahuan yang berbeda, dan ketiga, kurangnya pemahaman siswa untuk menerapkan sikap cinta terhadap lingkungan. %Z Pembimbing : H. Jauhar Hatta, M. Ag.