relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/ title: MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA creator: MUHAMMAD TAUFIK AKBAR, NIM. 09470096 subject: Kependidikan Islam description: Muhammad Taufik Akbar, Manajemen Boarding School dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MAN Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014 Orang tua menginginkan anaknya untuk mendapatkan pendidikan akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik, sehingga si anak dapat menjadi anggota masyarakat yang produktif dan bermanfaat bagi keluarga serta lingkungan masyarakat dimana ia tinggal. Selain orang tua, masyarakat sebagai stake holder juga selalu berharap agar anak yang dititipkan di sekolah atau madrasah memenuhi harapan yang diinginkan. Harapan masyarakat yang dimaksud antara lain adalah agar anak mereka menjadi anak yang rajin ibadah, akhlakul kharimah, cerdas, terampil, mandiri, cinta ilmu dan cinta kemajuan. Sekolah ataupun madrasah dituntut untuk mampu memberikan pendidikan untuk menjawab harapan dan keinginan orang tua maupun masyarakat tersebut. Oleh karena itu saat ini telah banyak bermunculan sistem pendidikan unggulan berasrama (boarding school). Inilah signifikansi dalam studi ini yaitu bagaimana sekolah yang memiliki program unggulan berasrama mengelola kegiatan agar mampu mencetak siswa yang diharapkan oleh orang tua maupun masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengambil latar belakang manajemen boarding school serta prestasi siswa-siswi boarding school di MAN Wonosari Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis model Miles and Huberman dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan kemudian dari makna tersebut akan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: pertama, manajemen di boarding school mencakup manajemen komponen-komponen sekolah yang mengatur berbagai jadwal kegiatan, peraturan, fasilitas, sarana prasarana yang dapat membantu memotivasi siswa boarding school untuk belajar dan meningkatkan prestasi mereka baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik seperti kedisiplinan, kerjasama, tanggung jawab, dan lain-lain. Kedua: keunggulan yang menjadi daya tarik siswa untuk mengikuti program boarding school diantaranya jarang sekolah yang menerapkan program boarding school di daerah Gunungkidul, program kegiatan di boarding school sudah menyerupai program kegiatan pesantren, mendapat beasiswa dan berbagai fasilitas penunjang belajar, mendapatkan bimbingan les UN, dan mengajarkan siswa-siswi untuk hidup mandiri. Ketiga: faktor pendukung manajemen boarding school terdiri dari sarana prasarana yang lengkap, kerjasama para guru, dan penerapan peraturan untuk mendisiplinkan siswa-siswi. Faktor penghambat terdiri dari belum adanya gedung asrama, kurangnya pengawasan guru yang membimbing les atau mengajar di boarding school, dan belum terkoordinirnya kegiatan dalam masyarakat dengan kegiatan boarding school sehingga terkadang kegiatan masyarakat tersebut menghambat kegiatan boarding school. date: 2014-02-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/1/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/5/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/6/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/7/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/8/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/9/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/10/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/11/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/12/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11119/22/small.jpg identifier: MUHAMMAD TAUFIK AKBAR, NIM. 09470096 (2014) MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.