TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Muqowim, M.Ag ID - digilib11121 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11121/ A1 - MARIA ULFAH , NIM. 10410027 Y1 - 2014/01/27/ N2 - MARIA ULFAH. Rekonstruksi Peran Pendidik Perempuan pada Masa Rasulullah (Studi Peran Aisyah r.a dalam Pendidikan Agama Islam). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Aisyah r.a merupakan teladan pendidik perempuan sejati di zamannya. Sejarah telah mengukir nama Aisyah r.a sebagai pendidik yang cerdas dalam berbagai macam bidang, memiliki karakter keibuan dalam pembelajarannya, mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar, serta menjadi teladan bagi peserta didiknya. Sayangnya kompetensi yang dimiliki oleh Aisyah r.a belum tercermin penuh pada diri pendidik perempuan di zaman sekarang. Rendahnya kompetensi yang dimiliki pendidik perempuan disebabkan kurangnya kesadaran pendidik perempuan untuk mengembangkan kompetensi tersebut, padahal pendidik perempuan tidak hanya diartikan sebagai seorang guru, bahkan seorang ibu pun bisa dikatan sebagai pendidik perempuan. Untuk membangkitkan kesadaran dan meningkatkan kompetensi tersebut sosok Aisyah r.a layak untuk dijadikan sebagai model panutan pendidik perempuan zaman sekarang. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah memberikan gambaran tentang peran sosok Aisyah r.a dalam Pendidikan Agama Islam serta untuk merekonstruksi peran Aisyah r.a untuk pendidik perempuan zaman sekarang. Berdasarkan permasalahan inilah, peneliti melakukan penelitian tentang rekonstruksi peran pendidik perempuan pada masa Rasulullah, langsung menuju kepada rekonstruksi peran Aisyah r.a untuk pendidik perempuan zaman sekarang . Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dengan menggunakan pendekatan sejarah. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari hadis-hadis terkait Aisyah r.a dan buku-buku biografi Aisyah r.a serta buku, jurnal dan majalah yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui metode dokumentasi. Sedangkan Analisis data menggunakan teori double movement Fazlur Rahman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aisyah r.a adalah sosok teladan ilmuwan perempuan di zamannya, Aisyah r.a mempunyai peran besar dalam Pendidikan Agama Islam. Sebagai seorang pendidik Aisyah r.a telah memiliki empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik. 2) Merefleksi kepada Aisyah r.a pendidik perempuan harus memiliki empat kompetensi yakni kompetensi, pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Sedangkan rekonstruksi yang ditawarkan berupa: pendidik perempuan harus mengetahui cara mendidik, menguasai materi/bahan ajar, mampu membangun komunikasi dan interaksi sosial, dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - REKONSTRUKSI PERAN PENDIDIK PEREMPUAN PADA MASA RASULULLAH (STUDI PERAN AISYAH R.A DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) AV - restricted ER -