eprintid: 11125 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/25 datestamp: 2014-03-20 03:53:53 lastmod: 2014-03-20 03:53:53 status_changed: 2014-03-20 03:53:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURIDA BUDI SETIAWATI , NIM. 10411028 title: KEMATANGAN BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK USIA REMAJA (PANDANGAN ZAKIAH DARADJAT DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI SMA PADA KURIKULUM 2013) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci :,Kematangan Beragama, Peserta Didik, Remaja(Pandangan Zakiah Daradjat) note: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si abstract: Nurida Budi Setiawati. Kematangan Beragama Pada Peserta Didik Usia Remaja (Pandangan Zakiah Darajat Dan Relevansinya Terhadap Mata Pelajaran PAI SMA Pada Kurikulum 2013), Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.2014. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya kenakalan-kenakalan hingga penyimpangan remaja yang terjadi saat ini, mulai dari tawuran, penggunaan narkoba, perbuatan asusila, dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut disebabkan tidak tercapainya kematangan beragama yang dimiliki para pelajar. Banyak para tokoh-tokoh pendidikan dan psikolog berpendapat bahwa semakin berkembangnya pola berfikir remaja, seharusnya semakin mendorong mereka untuk lebih menghayati ajaran-ajaran agama. Karena tokoh ilmu jiwa agama yang banyak membahas tentang masalah masalah agama pada remaja di Indonesia adalah Zakiah Daradjat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui pandangan Zakiah Daradjat tentang kematangan beragama pada peserta didik usia remaja.(2) Mengetahui kriteria-kriteria kematangan beragama peserta didik usia remaja menurut Zakiah Darajat.(3) Mengetahui relevansi antara pemikiran Zakiah Daradjat dengan Mata pelajaran PAI pada Kurikulum 2013. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau Library Research dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi serta metode analisa menggunakan content analysis, sedangkan sumber data yang digunakan peneliti terdiri dari sumber data primer dan data sekunder, yaitu pendapat-pendapat Zakiah tentang kematangan beragama remaja dalam berbagai sumber, serta didukung dengan buku-buku lain yang berkaitan dengan kematangan beragama pada usia remaja. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) kematangan beragama remaja adalah hasil perbandingan mereka atas keyakinan yang mereka miliki dengan kenyataan yang terjadi dalam kehidupan. Dan apabila remaja telah mengalami kematangan beragama maka mereka akan menjauhi hal-hal negative, begitu pula sebaliknya.(2) Kriteria-kriteria kematangan beragama pada peserta didik usia remaja menurut Zakiah Daradjat yaitu(a) Adanya kemauan untuk mengembangkan agamanya.(b) adanya korelasi antara kekuasaan tuhan dengan keinginan untuk bertaubat ketika melakukan kesalahan. (c) Merasa dekat dengan tuhan. (d) Pola fikir tentang agama berpengaruh pada perubahan emosi sehingga dapat mengkontrol tingkah laku. (d) Kepekaan akan adanya Tuhan. Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu adanya perubahan hormon Selain itu lingkungan masyrakat (berupa lingkungan tempat tinggal, tempat bergaul, lingkungan sekolah),dan keluarga. Semua itu merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi religiusitas remaja. (3). Dari pemikiran Zakiah Daradjat tersebut terdapat relevansi dalam mata pelajaran PAI pada Kurikulum 2013 dari aspek SKL, KI, Metode pembelajaran serta RPP. date: 2014-01-05 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: NURIDA BUDI SETIAWATI , NIM. 10411028 (2014) KEMATANGAN BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK USIA REMAJA (PANDANGAN ZAKIAH DARADJAT DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI SMA PADA KURIKULUM 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/5/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/6/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/7/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/8/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/9/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/10/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/11/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/12/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11125/22/small.jpg