@phdthesis{digilib11128,
           month = {January},
           title = {PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
MENUJU MILENIUM BARU
(ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA)
},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM. 09410159 ROHMATUL WAKHIDAH},
            year = {2014},
        keywords = {Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag.},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/},
        abstract = {ROHMATUL WAKHIDAH. Pembaharuan Pendidikan Islam Menuju
Milenium Baru (Analisis Terhadap Pemikiran Azyumardi Azra). Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.Latar belakang penelitian ini adalah
permasalahan sosial-kultural masyarakat yang berkembang akhir-akhir ini
semakin menghawatirkan. Berbagai peristiwa yang merendahkan harkat dan
martabat manusia berkembang luas dalam masyarakat terutama dalam dunia
pendidikan, seperti hancurnya nilai-nilai moral, ketidakadilan yang merajalela,
solidaritas yang berkurang, meningkatnya kenakalan remaja, praktek korupsi yang
semakin canggih, tindak pidana melaju pesat, sikap tidak etis kepada guru, dan
berbagai masalah yang merusak moral bangsa lainnya. Fenomena ini seolah
mempertanyakan kembali peranan pendidikan khususnya pendidikan Islam dalam
mengembalikan dan membangun etika serta moral masyarakat. Pendidikan Islam
sebagaimana halnya pendidikan lainnya senantiasa diwarnai oleh berbagai
permasalahan yang tiada habis-habisnya. Hal ini selain disebabkan karena adanya
perubahan orientasi dan tuntutan kehidupan umat manusia yang harus dilayani
dan direspons oleh pendidikan Islam, juga karena adanya perkembangan di bidang
ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut kerja dunia pendidikan yang
harus meningkat dari hari ke hari, terutama memasuki abad XXI atau milenium
ketiga. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pembaharuan pendidikan
Islam dalam perjalanan menuju milenium baru.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisis isi
buku Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium
III Karya Azyumardi Azra. Pengumpulan data dengan melakukan pengumpulan
dokumentasi yang menjadi obyek penelitian. Dari data yang didapat, kemudian
dianalisis dan disimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan: problematika pendidikan Islam yang
dibahas dalam buku Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah
Tantangan Milenium III karya Azyumardi Azra, meliputi: pertama, konsep dasar
pendidikan Islam terkait pembahasan mengenai tarbiyah, ta?lim, ta?dib, dan
pendidikan Islam serta sumber, orientasi dan dasar pendidikan Islam, kedua,
Lembaga Pendidikan Islam yaitu pesantren. Modernisasi (pembaharuan)
pendidikan Islam yang dibahas dalam buku tersebut adalah konsep modernisasi
Pendidikan Islam yang dipaparkan Azyumardi Azra Menurut Azyumardi Azra,
Islam adalah ajaran yang menyeluruh dan terpadu dengan merujuk kepada Al-
Qur?an, Sunnah Nabi, ijtihad sahabat, kemashlahatan masyarakat, Nilai-nilai adat
istiadat dan kebiasaan-kebiasaan sosial, dan Hasil pemikiran pemikir Islam serta
fatwa sahabat yang masih menyaksikan perilaku Nabi secara langsung,
kemaslahatan yang bermanfaat, nilai adat-istiadat dari nilai-nilai budaya
masyarakat yang positif, pemikiran filsuf dan intelektual Muslim yang
representatif. Modernisasi pesantren yang dipaparkan Azra adalah lembaga yang
mengembangkan nilai-nilai moral-spiritual, informasi, komunikasi timbal-balik
secara kultural dengan masyarakatnya dan tempat pemupukan solidaritas umat.
}
}