eprintid: 11128 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/28 datestamp: 2014-03-20 04:14:10 lastmod: 2014-03-20 04:14:10 status_changed: 2014-03-20 04:14:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ROHMATUL WAKHIDAH, NIM. 09410159 title: PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENUJU MILENIUM BARU (ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag. abstract: ROHMATUL WAKHIDAH. Pembaharuan Pendidikan Islam Menuju Milenium Baru (Analisis Terhadap Pemikiran Azyumardi Azra). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan sosial-kultural masyarakat yang berkembang akhir-akhir ini semakin menghawatirkan. Berbagai peristiwa yang merendahkan harkat dan martabat manusia berkembang luas dalam masyarakat terutama dalam dunia pendidikan, seperti hancurnya nilai-nilai moral, ketidakadilan yang merajalela, solidaritas yang berkurang, meningkatnya kenakalan remaja, praktek korupsi yang semakin canggih, tindak pidana melaju pesat, sikap tidak etis kepada guru, dan berbagai masalah yang merusak moral bangsa lainnya. Fenomena ini seolah mempertanyakan kembali peranan pendidikan khususnya pendidikan Islam dalam mengembalikan dan membangun etika serta moral masyarakat. Pendidikan Islam sebagaimana halnya pendidikan lainnya senantiasa diwarnai oleh berbagai permasalahan yang tiada habis-habisnya. Hal ini selain disebabkan karena adanya perubahan orientasi dan tuntutan kehidupan umat manusia yang harus dilayani dan direspons oleh pendidikan Islam, juga karena adanya perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut kerja dunia pendidikan yang harus meningkat dari hari ke hari, terutama memasuki abad XXI atau milenium ketiga. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pembaharuan pendidikan Islam dalam perjalanan menuju milenium baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisis isi buku Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III Karya Azyumardi Azra. Pengumpulan data dengan melakukan pengumpulan dokumentasi yang menjadi obyek penelitian. Dari data yang didapat, kemudian dianalisis dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: problematika pendidikan Islam yang dibahas dalam buku Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III karya Azyumardi Azra, meliputi: pertama, konsep dasar pendidikan Islam terkait pembahasan mengenai tarbiyah, ta’lim, ta’dib, dan pendidikan Islam serta sumber, orientasi dan dasar pendidikan Islam, kedua, Lembaga Pendidikan Islam yaitu pesantren. Modernisasi (pembaharuan) pendidikan Islam yang dibahas dalam buku tersebut adalah konsep modernisasi Pendidikan Islam yang dipaparkan Azyumardi Azra Menurut Azyumardi Azra, Islam adalah ajaran yang menyeluruh dan terpadu dengan merujuk kepada Al- Qur‟an, Sunnah Nabi, ijtihad sahabat, kemashlahatan masyarakat, Nilai-nilai adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan sosial, dan Hasil pemikiran pemikir Islam serta fatwa sahabat yang masih menyaksikan perilaku Nabi secara langsung, kemaslahatan yang bermanfaat, nilai adat-istiadat dari nilai-nilai budaya masyarakat yang positif, pemikiran filsuf dan intelektual Muslim yang representatif. Modernisasi pesantren yang dipaparkan Azra adalah lembaga yang mengembangkan nilai-nilai moral-spiritual, informasi, komunikasi timbal-balik secara kultural dengan masyarakatnya dan tempat pemupukan solidaritas umat. date: 2014-01-27 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ROHMATUL WAKHIDAH, NIM. 09410159 (2014) PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENUJU MILENIUM BARU (ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/1/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11128/22/small.jpg