<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR)"^^ . "Satori, Rekonseptualisasi Pendidikan Multikultural dalam Materi\r\nPelajaran Tarikh (Studi Kitab Khulâshah Nȗr al-Yaqȋn fȋ Sȋrah Sayyid al-\r\nMursalȋn Juz III Karya Umar Abdul Jabbar), Skripsi, Jurusan Kependidikan\r\nIslam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,\r\n2013.\r\nDi tengah-tengah kehidupan masyarakat majemuk seperti Indonesia,\r\ntindakan yang tidak merefleksikan spirit pendidikan multikultural justru sangat\r\nmudah dijumpai. Sebagai lembaga pendidikan yang mengakar di Indonesia,\r\nmadrasah dan pondok pesantren turut bertanggungjawab untuk memecahkan\r\nproblem kemajemukan bangsa. Integrasi materi pendidikan multikultural dengan\r\npelajaran lain menjadi hal yang sangat urgen. Komposisi pelajaran tarikh yang\r\ncenderung mengisahkan tentang perang, konflik, pembunuhan, invasi dan\r\nekspansi seakan belum menjawab kebutuhan zaman sekarang tentang urgensi\r\npendidikan multikultural. Karena tarikh dinilai sebagai akumulasi kisah para\r\nteladan umat muslim terdahulu, pelajaran ini pun sangat strategis untuk\r\nmenebarkan benih-benih pendidikan multikultural, apalagi materi tersebut\r\nberbahasa Arab. Bagi muslim Indonesia, bahasa Arab kerap diasosiasikan sebagai\r\nbahasa agama (Islam). Inilah signifikansi masalah dalam studi ini.\r\nRumusan masalah: (1) apa saja nilai-nilai pendidikan multikultural yang\r\nterkandung dalam materi pelajaran tarikh kitab Khulâshah Nȗr al-Yaqȋn fȋ Sȋrah\r\nSayyid al-Mursalȋn juz III karya Umar Abdul Jabbar? (2) bagaimana\r\nrekonseptualisasi pendidikan multikultural dalam materi pelajaran tarikh kitab\r\nKhulâshah Nȗr al-Yaqȋn fȋ Sȋrah Sayyid al-Mursalȋn juz III karya Umar Abdul\r\nJabbar? Studi ini merupakan jenis library research (penelitian kepustakaan).\r\nAdapun model analisis data yang digunakan adalah deskriptif-reflektif.\r\nHasil studi menunjukkan bahwa: (1) Kitab tersebut telah mengakomodir\r\nnilai-nilai pendidikan multikultural seperti nilai keadilan sosial, nilai perdamaian\r\ndan sikap sosial positif berupa koeksistensi, korelasi dan kooperasi. Kategori\r\npertama dapat dijumpai pada pelajaran ke-3 [4], pelajaran ke-5 [1-4], pelajaran ke-\r\n12 [1-2], dan pelajaran ke-26 [1-3]. Adapun kategori kedua dapat ditemui pada\r\npelajaran ke-6 [6], pelajaran ke-11 [7], pelajaran ke-15 [4], dan pelajaran ke-35\r\n[3-6]. Kemudian kategori ketiga dapat dilihat pada pelajaran ke-2 [3-5], pelajaran\r\nke-24 [5], dan pelajaran ke-28 [5]. (2) Rekonseptualisasi materi pendidikan\r\nmultikultural dalam materi pelajaran tarikh kitab Khulâshah Nȗr al-Yaqȋn fȋ Sȋrah\r\nSayyid al-Mursalȋn juz III membutuhkan tiga tahapan implementatif. Pertama,\r\nmengetahui diseminasi nilai pendidikan multikultural dalam materi kitab tersebut.\r\nKedua, mengkritisi kitab tersebut dari dua segi yaitu penyajian dan diseminasi.\r\nKritik penyajian berkaitan dengan the main reason suatu peritiwa, sedangkan\r\nkritik diseminasi bertautan dengan komposisi materi. Ketiga, menampilkan kisah\r\naditif yang mengandung nilai-nilai pendidikan multikultural dalam rentang\r\npemerintahan Abu Bakar hingga Ali bin Abi Thalib serta hal-hal yang bertautan.\r\nMisalnya kisah tentang kebijakan Umar bin Khattab dalam menjamin keamaman\r\nAhl al-Dzimmah, dokumen perjanjian damai, kontribusi suku Ibadiyin bagi\r\nimigran Hijaz di Irak, dan sebagainya."^^ . "2014-01-06" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09470138"^^ . "SATORI"^^ . "NIM. 09470138 SATORI"^^ . . . . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Text)"^^ . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Other)"^^ . . . . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Other)"^^ . . . . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Other)"^^ . . . . . . "REKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH\r\n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III\r\nKARYA UMAR ABDUL JABBAR) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #11129 \n\nREKONSEPTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL \nDALAM MATERI PELAJARAN TARIKH \n(STUDI KITAB KHULÂSHAH NȖR AL-YAQȊN FȊ SȊRAH SAYYID AL-MURSALȊN JUZ III \nKARYA UMAR ABDUL JABBAR)\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .