<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n"^^ . "SISKA KURNIA W ATI. Strategi Pengembangan Silcap Kemandirian Pada\r\nAnak Tunagrahita di SLB N 1 Bantul Y ogyakarta. Skripsi. Jurusan Kependidikan\r\nIslam, PakuHas Ilmu T arbiyah daft K~~i'UAI\\ Ul\\tV~r~itM IYIRm Ne~et'i ~umm\r\nKalijaga Yogyakarta, 2013.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah berawal dari keprihatinan seorang\r\npenulis terhadap anak-anak yang mengalami kebutuhan khusus (tunagrahita) yang\r\nselama ini banyak ditelantarkan oleh para orang tua dan masyarakat. Dengan keadaan\r\ntersebut bukan berarti mereka tidak memiliki peran di keluarga maupun di\r\nmasyarakat dan tidak berhak mendapatkan pendidikan. Justru anak-anak sepetii itu\r\nyang harus mendapatkan pendidikan khusus, terutama oleh kedua orang tuanya agar\r\nmampu mandiri dan berperan dalam masyarakat untuk masa depannya. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi pengembangan\r\nkemandirian dan proses pelaksanaan strategi pengembangan kemandirian serta hasil\r\npelaksanaan strategi pengembangan kemandirian pada anak tunagrahita.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif\r\ndengan mengambil obyek di SLB N 1 Bantul Y ogyakarta. Metode pengumpulan data\r\ndilakukan antara lain menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.\r\nData yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui 1) Pengumpulan\r\nData, 2) Reduksi Data, 3) Penyajian Data, 4) Simpulan. Adapun penelitian ini\r\nmemakai teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu teknik trianggulasi sumber data\r\ndan metode.\r\nHasH penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan sikap\r\nkemandirian pada anak tunagrahita di SLB N I Bantu} Y ogyakarta adalah 1. Strategi\r\nPengembangan Kemandirian anak tunagrahita a). Strategi Kelompok tujuannya agar\r\nsiswa mampu memecahkan masalah secara berkelompok dan agar anak tidak cepat\r\nbosan b) Strategi Individual tujuannya membantu seorang siswa dalam memecahkan\r\nmasalah baik masalah yang ada disekolah maupun dirumah dengan cara melalui\r\nkegiatan pembelajaran secara individu dan digunakan sebagai cara untuk mengetahui\r\nseberapa besar kemampuan setiap anak tunagrahita. c) Strategi modifikasi tujuannya\r\nmembantu seorang siswa dalam merubah sikap atau perilakunya agar menjadi lebih\r\nbaik lagi. 2. Pelaksanaan strategi kemandirian anak tunagrahita adalah membantu\r\nanak tunagrahita dalam memecahkan masalah yang berhubungan di sekolah maupun\r\ndi rumah, yang meliputi: a). Bina Diri (merawat diri, mengurus diri, menolong diri).\r\nb). Interaksi Sosial (Bermain bersarna, makan bersama). c). Pengembangan Karya\r\n(ketrampilan tata boga, menari, salon, dll). 3. Hasil yang dicapai untuk\r\nmengembangkan kemandirian siswa adalah a) Meningkatkan kemandirian siswa. b)\r\nKemampuan membaca dan menulis siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. c)\r\nDapat menerima pembelajaran baik secara praktik maupun teori. d) Adanya\r\nkepatuhan dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar dan kegiatan\r\nkemandirian e) Siswa mudah diatur dan ditertibkan saat pelaksanaan kegiatan\r\npembelajaran sedang berlangsung.\r\n"^^ . "2014-01-09" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09470017 "^^ . "SISKA KURNIAWATI "^^ . "NIM. 09470017 SISKA KURNIAWATI "^^ . . . . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Text)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \r\nPADA ANAK TUNAGRAHITA \r\n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #11131 \n\nSTRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN \nPADA ANAK TUNAGRAHITA \n(STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) \n\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .