%0 Thesis %9 Skripsi %A SYAMSUL HADI, NIM. 09420019 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11133 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Key words: Studi korelasi, Penguasaan Qowā’i d, Kemampuan Kitābah. %T STUDI KORELASI PENGUASAAN QOWĀ’ID DENGAN KEMAMPUAN KITĀBAH SISWA KELAS II MADRASAH DINIYYAH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11133/ %X Syamsul Hadi, Studi Korelasi Penguasaan Qowā’id dengan Kemampuan Kitābah Siswa Kelas II Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta mengkaji secara teoritis mengenai penguasaan Qowā’id dan kemampuan Kitābah pada siswa kelas II Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam serta menganalisis data guna mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil populasi penelitian seluruh siswa kelas II Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data secara deskriptif dan untuk data yang berupa angka dari hasil perhitungan indeks korelasi product moment (rxy) dikelompokan untuk kemudian disimpulkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perolehan nilai rata-rata penguasaan Qowā’id sebesar 59,77. Berarti menurut penilaian menggunakan nilai standar berskala 100 tergolong cukup baik. 2) Kemampuan Kitābah siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 69,04 dan termasuk dalam kategori baik. 3) Hasil perhitungan rxy menunjukkan bahwa angka yang diperoleh sebesar 0,874, dimana setelah mengadakan penelusuran dengan rtabel ternyata baik pada taraf signifikansi 5% (0,456) maupun pada taraf signifikansi 1% (0,575) lebih besar dari keduanya. Maka dapat diinterpretasikan bahwa antara penguasaan Qowā’id dengan kemampuan Kitābah siswa kelas II Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Nurussalam terdapat Korelasi positif yang signifikan. %Z Pembimbing : Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.