@phdthesis{digilib11134, month = {January}, title = {EKSPERIMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN QIRA?AH DI KELAS X TKR 1 DAN TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH 2 PLAYEN TAHUN AJARAN 2013-2014 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10420041 TETI YULIANTI}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Sembodo Ardi Widodo MA}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11134/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar qira?ah kelompok eksperimen (Kelompok siswa yang menggunakan Strategi Cooperative Learning Teknik Make A Match) dengan kelompok kontrol (Kelompok siswa yang tanpa menggunakan Strategi Cooperative Learning Teknik Make A Match) pada siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah 2 Playen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi yang dalam penerapannya menggunakan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan strategi Cooperative Learning Teknik Make A Match dalam pembelajaran qira?ah yaitu kelas X TKR 2 dengan jumlah 22 siswa, dan kelompok kontrol yaitu yang tidak menggunakan Strategi Cooperative Learning Teknik Make A Match dalam pembelajaran qira?ah, yaitu kelas X TKR 1 dengan jumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakuakan dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbanch. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas. Analisis data dengan menggunakan rumus uji ?t?. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar materi qira?ah siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 78.91, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 70.12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan Strategi Cooperative Learning Teknik Make A Match dalam pembelajaran qira?ah dengan yang tidak menggunakan strategi Cooperative Learning Teknik Make A Match mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga strategi Cooperative Learning Teknik Make A Match dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran qira?ah. } }