@phdthesis{digilib11135, month = {January}, title = {PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INTEGRATIF DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA SD IT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10410120 TRI WINARSIH}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Karwadi, S.Ag.,M.Ag.}, keywords = {Kata Kunci: PAI, Integratif, karakter. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11135/}, abstract = {TRI WINARSIH. Pendidikan Agama Islam Integratif Dalam Membina Karakter Siswa SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah karena pendidikan di Indonesia belum mampu mengatasi krisis moral yang melanda Indonesia sehingga menyebabkan adanya degradasi moral. Selain itu karena adanya anggapan masyarakat yang menyatakan bahwa tidak terdapat kaitan antara ilmu pengetahuan umum dengan agama, padahal keduanya saling melengkapi. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep dan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam integratif di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta serta kontribusinya dalam membina karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Konsep Pendidikan Agama Islam Integratif adalah mengintegrasikan antara pendidikan agama dan pendidikan umum (memadukan antara dzikir dan fikir), antara sekolah, orang tua dan masyarakat, dengan memaksimalkan bagian kognitif, afektif dan psikomotorik dengan harapan peserta didik menjadi manusia yang cerdas, berwawasan luas, kreatif dan bersikap positif. Dalam penelitian ini penulis menemukan hasil bahwasanya pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Integratif di SDIT Luqman Al Hakim dapat dilakukan melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, program pengembangan diri, program pembiasaan dan budaya sekolah, keteladanan, mutaba?ah ibadah dan akhlakul karimah, serta program mentoring. Kontribusi pelaksanaan Pendidikan Agama Islam integratif ini adalah untuk membina karakter siswa. Adapun beberapa karakter yang menonjol yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu karakter religius, sopan santun, mandiri, rasa ingin tahu (kritis), memiliki badan yang bugar, disiplin dan bertanggung jawab, peduli, dan berani. } }