%0 Thesis %9 Skripsi %A UMI HIDAYAT, NIM. 10420064 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11136 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T RESPON GURU BAHASA ARAB TERHADAP KEBIJAKAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11136/ %X Umi Hidayat. Respon Guru bahasa Arab Terhadap Kebijakan Penerapan Kurikulum 2013 Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan guru bahasa Arab terhadap paradigma Kurikulum 2013;dan respon yang ditunjukkan oleh guru bahasa Arab terkait penerapannya di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab pada umumnya, dan pada khususnya guru bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sendiri sebagai tempat dilaksanakannya penelitian ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pandekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Arab memberikan respon positif baik terhadap kebijakan pemerintah terkait penerapan Kurikulum 2013 dan paradigma mengenai Kurikulum 2013. Hal ini ditandai dengan semangat guru dalam memahami dan mengaplikasikan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas. %Z Pembimbing : Drs. H.Zainal Arifin A, M.Ag