%0 Thesis %9 Skripsi %A PURWANTI, NIM.10410021 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11140 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ALI MAKSUM YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11140/ %X Purwanti, Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren dalam Pembelajaran PAI di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarata. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar Belakang penelitian adalah bahwa dunia pendidikan digoncangkan dengan turunnya karakter anak bangsa pada saat ini. Fenomena yang ada dilakukan oleh para oknum tertentu di dasari dari kurangnya pendidikan dan perhatian dari sekelilingnya dan mengejutkannya lagi bahwa pelaku tersebut anak-anak yang rata-rata di bawah umur. Kemudian pondok pesantren merupakan dapat mengembangkan dan membentuk karakter Islami. SMP Ali Maksum berbasis pesantren ini dapat merubah dan meningkatkan karakter Islami melalui kegiatan-kegiatan yang positif. Tujuan peneliti, 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan pendidikan karakter berbasis pondok pesantren di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. 2) untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang ditananamkan oleh guru PAI dan Pembimbing asrama. 3) mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah psikologi pendidikan, untuk mengetahui kondisi jiwa peserta didik dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menanamkan nilai-nilai karakter dan juga peneliti mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ada di lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan metode, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : pelaksanaan pendidikan karakter berbasis pondok pesantren yang dilaksanakan oleh para peserta didik secara terus-menerus dan berkelanjutan melalui kegiatan-kegiatan keseharian dalam lingkungan yang kondusif. Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali peserta didik melakukan kegiatan tanpa ada rasa mengeluh. Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dan pembimbing asrama dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta yang di tanamkan oleh SMP Ali Maksum. Nilai-nilai karakter tersebut dapat mengembangkan dan membentuk karakter Islami, diantaranya : karakter religious ( kegiatan yang diaplikasikan dalam karakter ini seperti : melaksanakan sholat fardhu berjama’ah, sholat sunnah, membaca dzikir, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil sebanyak 33 kali, tadarus dan membaca sholawat, Asmaul Husna sebelum sholat. karakter kedisiplinan, karakter hormat dan santun, karakter tanggung jawab, karakter kemandirian, karakter kerjasama, karakter kesederhanaan, karakter kebersihan, karakter kreatif, gemar membaca, karakter rasa ingin tahu, karakter jujur, karakter ikhlas, karakter terbuka dan karakter toleransi. Faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah lingkungan pondok pesantren yang kondusif, strategis dan memiliki hubungan yang dengan masyarakat sekitar . Faktor penghambatnya adalah terdapat kepribadian peserta didik yang berbeda karakter sehingga sulit untuk dibimbing dan dikendalikan dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang di sekolah dan asrama.