@phdthesis{digilib11146, month = {January}, title = {PENGARUH INTENSITAS BERKOMUNIKASI DENGAN BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN KEMAHIRAN AL-KAL{\=A}M MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2011 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10420110 ZULIA RAHMAWATI}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag, M. Ag}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11146/}, abstract = {ZULIA RAHMAWATI. ?Pengaruh Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Al-kal{\=a}m Mahasiswa Angkatan Tahun 2011 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab dan Penguasaan Kemahiran Al-kal{\=a}m mahasiswa; dan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Alkal{\=a}m Mahasiswa Angkatan Tahun 2011 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikir untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi pengelola pendidikan dan sebagai bahan masukan evaluasi pembelajaran bahasa Arab, khusunya di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang datannya bersifat kuntitatifkorelasional. Analisis data menggunakan analisis Product Moment dengan persyaratan uji normalitas data dan analisis Regresi. Untuk mengetahui, seberapa besar Pengaruh Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Al-kal{\=a}m. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata mahasiswa pada variabel Intensitas Berkomunikasi Bahasa Arab dengan adalah 68,54\%, sedangkan besarnya nilai rata-rata mahasiswa pada variabel Penguasaan Kemahiran Al-kal{\=a}m adalah 83,16\%. Hal ini berarti bahwa Penguasaan Kemahiran Al-kal{\=a}m lebih besar daripada nilai ratarata Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab. Dari hasil analisis korelasi Product Moment diperoleh nilai koefisiensi Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Alkal{\=a}m adalah 0,471 dan signifikansinya 0,003 yang kurang dari 0,05. Ini berarti bahwa ada korelasi yang signifikan antara Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Alkal{\=a}m Mahasiswa Angkatan Tahun 2011 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan dari hasil analisis Regresi dapat diketahui besarnya koefisiensi determinasi yaitu 0,222; hal ini mengandung pengertian bahwa Pengaruh Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap perubahan prestasi kemahiran Al-kal{\=a}m adalah 22,2\%. } }