eprintid: 11148 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/48 datestamp: 2014-03-20 11:06:40 lastmod: 2017-07-28 02:39:07 status_changed: 2017-07-28 02:37:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LU’LU’ NURHUSNA, NIM. 10410025 title: MULTIKULTURALISME AZYUMARDI AZRA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Multikulturalisme, Azyumardi Azra, Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing : Dr. Tasman Hamami, MA abstract: LU’LU’ NURHUSNA. Multikulturalisme Azyumardi Azra dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Indonesia merupakan sebuah negara dengan kondisi masyarakat yang tidak seragam (homogenious society). Keberagaman ini merupakan sesuatu yang apa adanya dan tidak terbantahkan (undebatable/unquestionable thing), tergambar dari beragamnya agama yang dianut masyarakat yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Kong Hu Chu dan berbagai kepercayaan daerah. Berbagai faktor yang ada, pada suatu titik akhirnya memunculkan kasus kekerasan di Indonesia tanpa mampu dikendalikan oleh negara. Kasus yang terjadi di Sambas, Maluku, Sampit, Poso, Cikeusik, Temanggung beberapa tahun kebelakang menggambarkan konflik yang terjadi dengan menggunakan atribut etnis dan agama sebagai basis dari konflik tersebut. Bahkan dalam kondisi tertentu, konflik yang sebelumnya pernah terjadi menyimpan potensi untuk meledak kembali karena masih kentalnya batas-batas primordial yang berupa hubungan dan komunikasi antar agama, etnis, ras, dan golongan di Indonesia. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian terhadap Pendidikan Agama Islam yang terintegrasi dengan konsep multikultural untuk dapat meredam konflik horisontal yang berbasis suku, agama, ras, dan antargolongan. Salah satu pemikir dan cendekiawan Muslim yang menjadi rujukan masyarakat dalam menjawab berbagai macam permasalahan adalah Azyumardi Azra. Beliau adalah pemikir sekaligus guru besar sejarah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif library research (riset kepustakaan). Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan filosofis. Penelitian berikut ini secara khusus akan mengkaji mengenai multikulturalisme menurut Azyumardi Azra, ekspresi religius yang diteliti dapat berupa simbol-simbol yang digunakan dalam pemikiran Azyumardi Azra. Peneliti akan mengkaji secara mendalam isu sentral dari struktur utama suatu objek kajian. Data disajikan dalam bentuk narasi-deskriptif, sehingga data yang tersaji dapat dijadikan sumber analisis dalam suatu penelitian. Hasil penelitian meliputi : (1) multikulturalisme menurut Azra adalah pemahaman tentang realitas multikultur yang lebih dari sekedar pemahaman akan adanya kemajemukan. Namun, ide ini berorientasi pada sebuah penegasan bahwa segala perbedaan yang terjadi memiliki kesamaan kedudukan di ruang publik. Sedangkan nilai-nilai inti yang dikembangkan dalam multikulturalisme menurut Azra adalah kesadaran keragaman (plurality), kesetaraan (equality), kemanusiaan (humanity), keadilan (justice), dan nilai-nilai demokrasi (democratic values). (2) Relevansi multikulturalisme Azra terhadap Pendidikan Agama Islam adalah pada tema yang juga membahas mengenai nilai multikultural. Tema-tema tersebut antara lain kesetaraan gender, HAM dan demokrasi, sistem politik/pemerintahan dalam Islam, dan toleransi dan kerukunan ummat beragama. date: 2014-01-25 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: LU’LU’ NURHUSNA, NIM. 10410025 (2014) MULTIKULTURALISME AZYUMARDI AZRA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11148/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11148/1/BAB%20II%2C%20III.pdf