eprintid: 11149 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/49 datestamp: 2014-03-20 11:09:26 lastmod: 2017-05-03 08:44:13 status_changed: 2014-03-20 11:09:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AFNIA HARYANTI , NIM. 10420059 title: VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR MADARSAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: validitas, reliabilitas dan soal UAMBN bahasa Arab. note: Pembimbing : Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I. abstract: Afnia Haryanti, Validitas dan Reliabilitas Soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Program Keagamaan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bermula dari rasa keingintahuan penulis terhadap UAMBN yang menjadi program evaluasi oleh pemerintah sebagai tolak ukur pencapaian dan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran di seluruh tingkat madrasah khususnya UAMBN mata pelajaran bahasa Arab pada tingkat madrasah Aliyah program Keagamaan. Namun sebenarnya peranan evaluasi tidak hanya pada fungsi menentukan tingkat pencapaian dan keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pemerintah, akan tetapi evaluasi juga diharapkan mampu memberikan umpan balik bagi penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu penulis ingin menganalisa apakah soal UAMBN dapat menjadi alat yang dapat dipertanggungjawabkan serta memiliki ciri-ciri yang dipersyaratkan sebagai tes yang baik, terutama dari segi validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas isi butir soal, validitas item dan reliabilitas soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab MA Program Keagamaan DIY tahun ajaran 2012/2013. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk perbaikan yang positif pada kualitas soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Program Keagamaan di tahun yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu: 10% dari populasi (564) atau berjumlah 57 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun pengolahan dan analisa data dilakukan dengan menggunakan rating scale dan software SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1).Validitas isi butir-butir soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab MA Program Keagamaan DIY tahun ajaran 2012/2013 terbukti kurang valid berdasarkan kesesuaiannya dengan Standar Konmpetensi dan Kompetensi Dasar. 2).Validitas item butir-butir soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab MA Program Kegamaan tahun ajaran 2012-2013 yang tidak valid ada 9 butir soal yaitu butir soal 1, 2, 7, 15, 26, 28, 30, 35 dan 44 dan yang valid adalah sisanya berjumlah 41. 3). Reliabilitas soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab MA Program Keagamaan tahun ajaran 2012/2013 DIY terbukti sangat tinggi dengan nilai 0,910. date: 2014-01-23 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AFNIA HARYANTI , NIM. 10420059 (2014) VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR MADARSAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11149/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11149/2/BAB%20II%2C%20III.pdf