TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd ID - digilib11154 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11154/ A1 - KHOTIM HANIFUDIN NAJIB, NIM. 10470006 Y1 - 2014/01/23/ N2 - Khotim Hanifudin Najib. Studi Korelasi Hasil Belajar Afektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Sikap Toleransi antar Umat Beragama Siswa Kelas XII SMAN 3 Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014 Penelitian ini berdasarkan adanya fenomena kemajemukan agama yang belum bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Sehingga tidak jarang terjadi konflik-konflik yang mengatasnamakan agama. Pendidikan adalah salah satu lembaga yang dituntut mampu untuk menanamkan sikap toleransi dan saling menghargai terhadap adanya perbedaan agama tersebut. Indikator keberhasilan pendidikan mencakup 3 hal, yakni kognitif, afektif dan psikomotorik. Evaluasi hasil belajar afektif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sangat erat kaitannya dengan sikap toleansi siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menguji secara empiris hubungan antara hasil belajar afektif pada mata pelajaran PAI dengan sikap toleransi antar umat beragama siswa.serta mengetahui pola hubungan yang terdapat pada kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Yogyakarta dengan sampel sebanyak 110 siswa yang diambil dari siswa kelas XII. Pengambilan sampel diambil dengan teknik simpel random sampling. Independen variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran PAI dengan subvariabel ,minat, sikap, konsep diri, nilai dan moral. Sedangkan dependen variabelnya adalah sikap toleransi antar umat beragama siswa dengan subvariabel mengakui hak setiap orang dan menghargai keyakinan, agree in disagreement, kesadaran dan kejujuran serta jiwa falsafah Pancasila. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, descriptive statistics untuk mengetahui distribusi frekuensi temuan data dari lapangan. Kedua, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara hasil belajar afektif dengan sikap toleransi antar umat beragama siswa digunakan korelasi Products momen dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For Social Sciences) sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada Korelasi/Hubungan yang signifikan antara hasil belajar afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan sikap toleransi antar umat beragama siswa. Besar angka korelasi tersebut adalah 0.314, Dimana angka tersebut berada di antara 0.20 ? 0.40. Hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan arah yang sama. Jadi apabila hasil belajar afektif siswa mengalami kenaikan, maka sikap toleransi antar umat beragama siswa juga akan ikut naik pula,begitu pula sebaliknya, jika hasil belajar afektif mengalami penurunan, maka sikap toleransi siswa pun akan menurun.hubungan antar kedua variabel tersebut termasuk hubungan yang positif lemah atau rendah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci : Hasil belajar KW - Sikap toleransi KW - dan hubungan M1 - skripsi TI - STUDI KORELASI HASIL BELAJAR AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA KELAS XII SMAN 3 KOTA YOGYAKARTA AV - restricted ER -