TY - THES N1 - Pembimbing : Rinduan Zain, S.Ag., M.A ID - digilib11156 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11156/ A1 - NURJANAH HANIFAH, NIM. 09470030 Y1 - 2014/02/08/ N2 - Nurjanah Hanifah, Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Anak Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini dilakukan pertama, menganalisa untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku melalui kegiatan keagamaan dan pembelajaran di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. Kedua, untuk memprediksi seberapa besar pengaruh dan besar kontribusi Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan keagamaan tersebut terhadap perubahan perilaku anak didik. Penelitian dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo, dengan sampel sebanyak 30 orang yang diambil dari anak didik Lapas paket C. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang artinya pada penelitian ini mengambil semua jumlah populasi anak didik Lapas paket C yang ada. Hal ini dikarenakan jumlah populasi yang sangat kecil sehingga pada penelitian ini mengambil semua jumlah populasi anak didik Lapas pada paket C yang ada. Independen Variabel yang ada dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam (X) sedangkan dependen faktornya adalah Perilaku Keagamaan (Y). Metode analisa yang digunakan dalam penelitian adalah pertama, deskriptif statistic dilakukan untuk mengetahui frekuensi dan prosentase persebaran data dari lapangan. Kedua, teknik inferensial digunakan untuk menguji apakah terjadi hubungan antara variable Independen terhadap Dependen Variabel (DV) dengan menggunakan teknik crosstab. Hasil uji korelasi dan analisis regresi linier menunjukkan bahwa besarnya perubahan perilaku keagamaan yang terjadi apabila anak didik Lapas mampu menyerap dengan baik materi Pendidikan Agama Islam yang diajarkan di Lapas yaitu sebesar 13% (0.128). sehingga berdasarkan hasil perhitungan regresi dapat diprediksi apabila anak didik Lapas tidak mampu menyerap dengan baik materi Pendidikan Agama Islam yang diajarkan berdampak pada indeks perilaku keagamaannya hanya sebesar 0.63 (63%), namun apabila kemudian anak didik lapas mampu menyerap dengan baik materi Pendidikan Agama Islam yang diajarkan indeks perilaku keagamaannya naik menjadi 0.75 (75%). Disisi lain angka signifikansi dari perhitungan regresi variable perilaku keagamaan sebesar 0.003 yang ternyata jauh lebih kecil dari 0.05. ini berarti pada angka kepercayaan 95% dapat diinterpretasikan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lapas Kutoarjo berkontribusi pada perubahan perilaku keagamaan anak didik kearah yang positif (lebih baik). PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN ANAK PADA PROGRAM PAKET C DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH AV - restricted ER -