@phdthesis{digilib11164, month = {October}, title = {FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada Anggota Pembiayaan BMT ANFA? Pucang)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09390038 ISNA ZAHROYANI ASIFAH}, year = {2013}, note = {PEMBIMBING: Dr. H. SYAFIQ M. HANAFI, SE, M. Si}, keywords = {Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Rasa Percaya, Komitmen, Penangnan Komplain.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11164/}, abstract = {BMT merupakan salah satu lembaga keuangan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi besar yang lebih benar dan menyeluruh di bidang perekonomian masyarakat khususnya masyarakat kecil dan menengah. Dalam rangka memberdayakan masyarakat kecil dan menengah, BMT ANFA? telah menyediakan beberapa produk yang siap digunakan oleh anggota BMT ANFA?. Seorang anggota BMT ANFA? sudah pasti akan memilih produk yang dapat membantu kebutuhan ekonomi mereka.Eksistensi dan perkembangan perusahaan jasa banyak tergantung pada kualitas pelayanan. Dengan kualitas pelayanan yang baik maka nasabah akan merasa puas dan selanjutnya akan menumbuhkan kepuasan anggota pada pihak penyedia jasa. Selain dari aspek kualitas layanan, citra lembaga, rasa percaya anggota, komitmen anggota, serta penanganan komplain juga berpengaruh terhadap kepuasan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yaitu data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka (numerik). Populasi dari penelitian ini adalah anggota BMT ANFA?. Sedangkan sampelnya 90 anggota BMT yang kebetulan ditemui selama penelitian berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis secara lengkap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota BMT ANFA?. Metode yang digunakan yaitu metode kuisioner dan waancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas-Reliabilitas, Asumsi Klasik, Uji F, Uji t, Koefisien Determinasi, Analisa Regresi Berganda, sertaAnalisaUji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra lembaga tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan anggota BMT ANFA?. sedangakan varianel rasa percaya, komitmen, serta penanganan komplain terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan anggota BMT ANFA?. Kata kunci: Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Rasa Percaya, Komitmen, Penangnan Komplain.} }