%0 Thesis %9 Skripsi %A SUVIDIAN ELYTASARI, NIM. 10471006 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11169 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci : Model, Kepemimpinan, Perempuan, dan Budaya Organisasi %T MODEL KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA ORGANISASI DI SMP NEGERI 1 KALASAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11169/ %X Suvidian Elytasari, Model Kepemimpinan Perempuan dalam Mengembangkan Budaya Organisasi di SMP N 1 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa kepemimpinan perempuan masih menjadi pro dan kontra diwilayah publik. Meskipun sudah menjadi pemimpin, kemampuan perempuan dalam memimpin masih dipandang sebelah mata. Dalam hubungannya dengan budaya sekolah, kepala sekolah yang berhasil memajukan sekolah dilihat dari kemampuannya dalam mengembangkan budaya organisasi yang kondunsif. Budaya organisasi yang kondunsif berpengaruh terhadap prestasi peserta didik. Sehingga, dapat mengarah kepada pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya organisasi, nilai-nilai yang dikembangkan dan upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya organisasi di SMP Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data adalah triangulasi. Hasil peneitian ini adalah (1) Model kepemimpinan perempuan yang digunakan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya organisasi adalah kepemimpinan demokratis. Kepemimimpinan demokratis seperti terlihat dengan melibatkan guru dan pegawai dalam menyusun program-program sekolah, menghargai pendapat, melibatkan guru dan pegawai dalam mengambil keputusan mendelegasikan wewenang, dan kerjasama. Hal ini dipengaruhi oleh sifat kepemimpinan perempuan seperti the mother, seductress, dan the iron maiden. (2) Nilai-nilai yang dikembangkan di SMP Negeri 1 Kalasan adalah religius, kedisiplinan, dan berprestasi. Nilai-nilai kedisiplinan yang dikembangkan ada 4 yaitu disiplin dalam kedatangan, disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam kegiatan pembelajaran, dan disiplin kebersihan. (3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan religius adalah dengan pertama, membuat program-program seperti tadarus, sholat dhuha berjamaah, motivasi menghafalkan surat-surat pendek, pengajian, dan membuat resume ayat Al-Quran. Kedua, memberikan keteladanan. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam kedisiplinan adalah memberikan keteladanan dan menegakkan peraturan. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan prestasi adalah memberikan motivasi dan penghargaan. %Z Pembimbing : Zainal Arifin, M.SI