TY - THES N1 - Pembimbing : Nurhadi, M.A ID - digilib11171 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11171/ A1 - MUBAROKAH, NIM. 10420111 Y1 - 2014/02/06/ N2 - Mubarokah. Kontribusi Penguasaan Bahasa Arab Terhadap Pemahaman Bacaan Sholat Siswa Kelas VA SD Masjid Syuhada Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kontribusi penguasaan bahasa Arab (2) mendeskripsikan pemahaman bacaan sholat siswa (3) menguji seberapa besar kontribusi penguasaan bahasa Arab terhadap pemahamn bacaan sholat siswa SD Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2014 sebanyak 21 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan nilai R = 0,372 artinya variabel bebas penguasaan bahasa Arab mempu menerangkan atau memprediksi nilai variabel terikat terhadap pemahaman bacaan sholat sebesar 37,2%. Sehingga terdapat pengaruh signifikan dari variabel bebas penguasaan bahasa Arab terhadap pemahaman bacaan sholat. Persamaan regresi yang diperoleh sebagai berikut Y = 39,705 + 0,334X. Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa dari setiap penambahan 1 unit variabel bebas penguasaan bahasa Arab akan meningkatkan nilai variabel terikat pemahaman bacaan sholat sebesar 0,334X. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - KONTRIBUSI PENGUASAAN BAHASA ARAB TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN SHOLAT SISWA KELAS VA SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -