eprintid: 11171 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/71 datestamp: 2014-03-21 02:49:26 lastmod: 2017-07-21 02:14:22 status_changed: 2014-03-21 02:49:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUBAROKAH, NIM. 10420111 title: KONTRIBUSI PENGUASAAN BAHASA ARAB TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN SHOLAT SISWA KELAS VA SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted note: Pembimbing : Nurhadi, M.A abstract: Mubarokah. Kontribusi Penguasaan Bahasa Arab Terhadap Pemahaman Bacaan Sholat Siswa Kelas VA SD Masjid Syuhada Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kontribusi penguasaan bahasa Arab (2) mendeskripsikan pemahaman bacaan sholat siswa (3) menguji seberapa besar kontribusi penguasaan bahasa Arab terhadap pemahamn bacaan sholat siswa SD Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2014 sebanyak 21 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan nilai R = 0,372 artinya variabel bebas penguasaan bahasa Arab mempu menerangkan atau memprediksi nilai variabel terikat terhadap pemahaman bacaan sholat sebesar 37,2%. Sehingga terdapat pengaruh signifikan dari variabel bebas penguasaan bahasa Arab terhadap pemahaman bacaan sholat. Persamaan regresi yang diperoleh sebagai berikut Y = 39,705 + 0,334X. Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa dari setiap penambahan 1 unit variabel bebas penguasaan bahasa Arab akan meningkatkan nilai variabel terikat pemahaman bacaan sholat sebesar 0,334X. date: 2014-02-06 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUBAROKAH, NIM. 10420111 (2014) KONTRIBUSI PENGUASAAN BAHASA ARAB TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN SHOLAT SISWA KELAS VA SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11171/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11171/2/BAB%20II%2C%20III.pdf