%0 Thesis %9 Skripsi %A UMU SHODIQOH, NIM. 10421006 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11176 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11176/ %X Umu Shodiqoh. Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN Ngawen Gunungkidul Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar bahasa Arab antara kelompok eksperimen (yang menggunakan model pembelajaran VAK) dengan kelompok kontrol (yang tidak menggunakan model pembelajaran VAK) siswa kelas VIII MTsN Ngawen Gunungkidul Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen (Experimental Research), yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu. Subjek dalam penelitian ini terdiri 61 siswa, yang terdiri dari kelas VIII B yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas VIII C yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar bahasa Arab antara kelompok eksperimen (yang menggunakan model pembelajaran VAK) dengan kelompok kontrol (yang tidak menggunakan model pembelajaran VAK) Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan perolehan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 21,61, dari skor awal sebesar 53,71 meningkat menjadi 75,32. Sedangkan untuk kelompok kontrol terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 3,83, dari skor awal sebesar 54,67 meningkat menjadi 58,50. Dengan melihat perbedaan skor dari masing-masing kelompok tersebut, menunjukkan bahwa model pembelajaran VAK merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk belajar bahasa Arab. %Z Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag