%A NIM. 09420040 SLAMET RIYANT %O Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin Ahmad M.Ag %T EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA TUNANETRA (STUDY KASUS di KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA) TAHUN AJARAN 2013/2014 %X Slamet Riyanto. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Tunanetra (Study Kasus Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta) Tahun Ajaran 2013/2014. Evaluasi pembelajaran adalah suatu komponen dari pelaksanaan program pendidikan yang memang harus dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dari proses pembelajaran, agar kedepannya dapat dicapai hasil yang lebih baik. Untuk itu, fasilatas-fasilitas untuk meningkatkan pembelajaran bagi mereka, terutama berkaitannya dengan evaluasi pembelajaran perlu mendapatkan perhatian yang serius. Penelitian mengenai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Tunanetra (Study Kasus Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta) Tahun Ajaran 2013/2014 bermaksud untuk meninjau kembali seberapa jauh lembaga pendidikan MTs Yaketunis telah melakukan berbagai modifikasi untuk kepentingan pembelajaran peserta didik tunanetra, terutama dalam hal evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar semua komponen yang terlibat dapat meningkatkan kapasistas anak didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian study kasus, adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Setelah melakukan pengumpulan data di lapangan, maka penulis menemukan bahwa evaluasi pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Tunanetra (Study Kasus Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta) Tahun Ajaran 2013/2014 dengan cara pendampingan pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran baik evaluasi tes formatif maupun tes sumatif. Pendampingan ini dilalukan dengan cara didampingi oleh pengawas berfungsi sebagai pendamping. Dalam penelitian tersebut peneliti juga menemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam evaluasi pembelajaran yang dihadapi oleh peserta didik. Faktor-faktor pendukung yang timbul dari peserta didik serta dari lembaga pendidikan sebagai berikut: komputer bicara, perpustakaan dan file. Sedangkan faktor-faktor penghambat sebagai berikut: Penulisan huruf Arab braille, kurangnya minat belajar bahasa Arab peserta didik tuanetra terkait dengan evaluasi, adanya persepsi yang berbeda antara tulisan huruf Arab braille dengan Arab awas, dan alokasi waktu yang kurang. %K Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, Bahasa Arab, Siswa Tunanetra. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib11177