%0 Thesis %9 Skripsi %A SYAIFUDIN, NIM. 10420013 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11180 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Penguasaan mufrādat, Pembelajaran mahārah al-kalām %T PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM BERBASIS PENGEMBANGAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS X PUTRA MA UNGGULAN AL-IMDAD PANDAK BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11180/ %X Syaifudin, Pembelajaran Mahārah Al-Kalām Berbasis Pengembangan Penguasaan Mufradāt Siswa Kelas X Putra MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan penguasaan mufradāt, dan bagaimana pengembangan penguasaan mufradāt pada pembelajaran mahārah al-kalām serta untuk mengetahui keberhasilan pengembangan penguasaan mufradāt pada pembelajaran mahārah al-kalām siswa kelas x putra. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab dan khususnya di MA Unggulan Al-Imdad. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data kemudian mengelompokkan data tersebut sesuai dengan kategori masing-masing dan selanjutnya diinterpretasikan melalui kata-kata atau kalimat dengan kerangka berpikir teoritik untuk memperoleh kesimpulan atau jawaban dari permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan penguasaan mufradāt memiliki beberapa langkah-langkah pembelajaran yaitu: Pertama, membuka pelajaran dengan salam lalu melakukan apersepsi; kedua menjelaskan materi tentang mufradāt halaman 92-203 pada Kamus Tematik Bahasa Arab; ketiga, meminta siswa untuk menghafalkan mufradāt ; keempat, bertanya kepada setiap siswa tentang mufradāt yang telah dihafalkan; kelima, memberi penguatan serta menutup pelajaran seraya mengingatkan siswa untuk mengingat kembali mufradāt yang telah dihafalkan. (2) Pengembangan penguasaan mufradāt pada pembelajaran mahārah al-kalām dapat dilihat dari model latihan-latihan yang diberikan guru yaitu setelah menguasai target mufradāt siswa akan dilatih dan dibimbing untuk membuat ungkapan-ungkapan dalam bahasa Arab secara lisan maupun tulisan seperti latihan membuat jumlah mufīdah, latihan mentaṣrif, latihan tanya jawab, latihan percakapan, dialog, cerita hingga latihan debat. (3) Keberhasilan pengembangan penguasaan mufradāt pada pembelajaran mahārah al-kalām dibuktikan dengan analisis deskriptif dan hasil wawancara bahwa nilai rata-rata penguasaan keterampilan berbicara bahasa arab siswa sebesar 63,44. Sedangkan dari hasil wawancara diperoleh data yaitu 65% siswa mampu menguasai mufradāt dan percakapan bahasa Arab, berdasarkan indikator yang telah disepakati, bahwa keberhasilan pembelajaran mufradāt dalam mahārah al-kalām dikategorikan CUKUP BERHASIL. %Z Pembimbing : Dr. Maksudin M.Ag