TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Maksudin M.Ag ID - digilib11180 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11180/ A1 - SYAIFUDIN, NIM. 10420013 Y1 - 2014/01/06/ N2 - Syaifudin, Pembelajaran Mah?rah Al-Kal?m Berbasis Pengembangan Penguasaan Mufrad?t Siswa Kelas X Putra MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan penguasaan mufrad?t, dan bagaimana pengembangan penguasaan mufrad?t pada pembelajaran mah?rah al-kal?m serta untuk mengetahui keberhasilan pengembangan penguasaan mufrad?t pada pembelajaran mah?rah al-kal?m siswa kelas x putra. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab dan khususnya di MA Unggulan Al-Imdad. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data kemudian mengelompokkan data tersebut sesuai dengan kategori masing-masing dan selanjutnya diinterpretasikan melalui kata-kata atau kalimat dengan kerangka berpikir teoritik untuk memperoleh kesimpulan atau jawaban dari permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan penguasaan mufrad?t memiliki beberapa langkah-langkah pembelajaran yaitu: Pertama, membuka pelajaran dengan salam lalu melakukan apersepsi; kedua menjelaskan materi tentang mufrad?t halaman 92-203 pada Kamus Tematik Bahasa Arab; ketiga, meminta siswa untuk menghafalkan mufrad?t ; keempat, bertanya kepada setiap siswa tentang mufrad?t yang telah dihafalkan; kelima, memberi penguatan serta menutup pelajaran seraya mengingatkan siswa untuk mengingat kembali mufrad?t yang telah dihafalkan. (2) Pengembangan penguasaan mufrad?t pada pembelajaran mah?rah al-kal?m dapat dilihat dari model latihan-latihan yang diberikan guru yaitu setelah menguasai target mufrad?t siswa akan dilatih dan dibimbing untuk membuat ungkapan-ungkapan dalam bahasa Arab secara lisan maupun tulisan seperti latihan membuat jumlah muf?dah, latihan menta?rif, latihan tanya jawab, latihan percakapan, dialog, cerita hingga latihan debat. (3) Keberhasilan pengembangan penguasaan mufrad?t pada pembelajaran mah?rah al-kal?m dibuktikan dengan analisis deskriptif dan hasil wawancara bahwa nilai rata-rata penguasaan keterampilan berbicara bahasa arab siswa sebesar 63,44. Sedangkan dari hasil wawancara diperoleh data yaitu 65% siswa mampu menguasai mufrad?t dan percakapan bahasa Arab, berdasarkan indikator yang telah disepakati, bahwa keberhasilan pembelajaran mufrad?t dalam mah?rah al-kal?m dikategorikan CUKUP BERHASIL. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: Penguasaan mufr?dat KW - Pembelajaran mah?rah al-kal?m M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN MAH?RAH AL-KAL?M BERBASIS PENGEMBANGAN PENGUASAAN MUFRAD?T SISWA KELAS X PUTRA MA UNGGULAN AL-IMDAD PANDAK BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -