eprintid: 11183 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/83 datestamp: 2014-03-21 03:22:22 lastmod: 2014-03-21 03:22:22 status_changed: 2014-03-21 03:22:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TRI MARDIANA CAHYANI, NIM. 10411008 title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KINESTETIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. Karwadi, M.Ag abstract: TRI MARDIANA CAHYANI, Penerapan Model Pembelajaran Kinestetik untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam melaksanakan proses pembelajaran masih berorientasi kepada guru dan kurang memperhatikan kecenderungan gaya belajar siswa. Seharusnya dalam melaksanakan proses pembelajaran guru dapat menyesuaikan model pembelajaran yang tepat dengan kecenderungan gaya belajar siswa sehingga mampu meningkatkan minat belajar. Permasalahan penelitian adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kinestetik untuk meningkatkan minat belajar PAI siswa dan apakah penerapan model pembelajaran kinestetik dapat meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas XII SMK Negeri 6 Yogyakarta? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kinestetik untuk meningkatkan minat belajar dan mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam setelah diterapkan model pembelajaran kinestetik kelas XII SMK Negeri 6 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan mengambil latar SMK Negeri 6 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menarik kesimpulan dari fakta-fakta yang khusus menjadi satu kesatuan informasi yang umum. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan model pembelajaran kinestetik pada siswa kelas XII SMKN 6 Yogyakarta dengan menggunakan beberapa metode yaitu: pada siklus I menggunakan metode bermain peran, demonstrasi, cari kata, pada siklus II menggunakan metode berbagi pengalaman, pesan berantai, post test dan pada siklus III menggunakan metode sosiodrama, menjodohkan kartu dan teka-teki silang. (2) Peningkatan minat belajar siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kinestetik pada siklus I, II dan III siswa kelas XII SMKN 6 Yogyakarta mengalami peningkatan dari kategori kurang menjadi baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan tiap aspek, aspek keterlibatan siswa pada siklus I ada empat siswa yang bertanya mengenai materi pembelajaran, pada siklus II ada enam siswa yang bertanya dan pada siklus III ada tujuh siswa yang bertanya. Pada setiap siklus siswa sangat antusias mengerjakan tugas dari peneliti serta mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Aspek ketercapaian kompetensi pada siklus I cukup, siklus II cukup baik dan siklus III baik dengan dibuktikan tidak ada siswa yang memperolah nilai di bawah enam. Aspek kelancaran proses, pada siklus I pembelajaran cukup lancar, siklus II pembelajaran lancar, dan pada siklus III pembelajaran berjalan lancar dan kondusif. Aspek ketepatan waktu selama pembelajaran, pada siklus I kekurangan waktu, siklus II tepat waktu dan pada siklus III sangat tepat waktu. date: 2014-01-18 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: TRI MARDIANA CAHYANI, NIM. 10411008 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KINESTETIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/6/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/7/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/8/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/9/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11183/21/small.jpg