eprintid: 11185 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/85 datestamp: 2014-03-21 03:44:27 lastmod: 2014-03-21 03:44:27 status_changed: 2014-03-21 03:44:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TRI WAHYUNINGTYAS, NIM. 09410126 title: PENINGKATAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI MELALUI SIKAP INKLUSIF PADA HUBUNGAN PERSONAL DENGAN SISWA NON MUSLIM DI SMK N 1 NGLIPAR GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA abstract: TRI WAHYUNINGTYAS. Peningkatan Kompetensis Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Sikap Inklusif pada Hubungan Personal dengan Siswa Non Muslim di SMK N 1 Nglipar. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa melihat fenomena seorang guru PAI yang dibebani tanggung jawab mengajarkan akhlak terpuji kepada siswa siswinya. Tugas ini di lakukan dan ditujukan tidak hanya berlaku bagi siswa siswi muslim saja, melainkan juga kepada siswa siswi yang beragama non muslim. Hal ini selanjutnya sangat berpengaruh terhadap peningkatan kompetensis sosial guru PAI tersebut. Terlebih dalam hubungan personal antara guru PAI dann siswa non muslim baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Untuk mendapat predikat guru professional, maka salah satu syaratnya adalah berkompetensi dibidang sosial yang mana mencakup sikap inklusif terhadap lawan maupun partner lingkungan kerjanya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan dan hasil apa saja yang dicapai dengan pelaksanaan penelitian di SMK N 1 Nglipar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK N 1 Nglipar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber, yakni untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) sikap keberagaman yang terjalin di SMK N 1 Nglipar sudah dapat dikatakan inklusif. Keberagaman siswa sudah dapat dikatakan inklusif dibuktikan dengan minimnya perkelahian ataupun kekerasan yang disebabkan oleh perbedaan agama siswa, merkeka hidup berdampinggan dan saling menghargai satu sama lain. 2) Yakni melalui memberi keteladanan dan pembiasaan untuk berlaku inklusif dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari, bersikap demokratis, peduli terhadap kejadiankejadian yang berhubungan dengan agama, melalui pengembangan materi ajar yang diberikan didalam kelas dan mengevaluasi segala tingkah dan perilaku siswa dikehidupan sehari-hari sebagai tolok ukur peningkatan sosial di lingkungan sekolah. 3) Maka Relevansi yang terbentuk oleh Guru PAI dari bersikap inklusif terhadap siswa siswi non muslim berpengaruh banyak dalam upaya peningkatan kompetensi sosial. Hal ini dapat dilihat dari hasil Tanya jawab dan pengamatan Penulis bahwa hubungan personal Guru PAI dengan siswa non muslim nampak jelas harmonis selayaknya guru dan siswa. Dan yang didapat Guru PAI melalui bersikap inklusif adalah menjadikan dirinya sosok yang patut diteladani baik oleh siswa siswinya maupun masyarakat luas. Dilingkungan sekolah menjadi guru yang aktif dan kreatif. Menciptakan hubungan dan komunikasi yang terjaga. date: 2014-02-06 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: TRI WAHYUNINGTYAS, NIM. 09410126 (2014) PENINGKATAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI MELALUI SIKAP INKLUSIF PADA HUBUNGAN PERSONAL DENGAN SISWA NON MUSLIM DI SMK N 1 NGLIPAR GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/1/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11185/22/small.jpg