@phdthesis{digilib11188, month = {January}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGATERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS BILANGAN PADA KELAS III MIN RINGINANOM TEMANGGUNG }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM 09480127 WIDARNINGSIH}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si}, keywords = {Kata Kunci: Efektivitas, Alat peraga, Prestasi Belajar, Matematika }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11188/}, abstract = {Widarningsih ?Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Garis Bilangan Pada Siswa Kelas III MIN Ringinanom Temanggung? Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan menggunakan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN Ringinanom tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 48 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diawali dengan memberikan pretest dan didapatkan sampel kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sig (2-tailed) untuk hasil posttest adalah 0,01, nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,01 {\ensuremath{<}} 0,05), maka H0 ditolak, artinya rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. } }