eprintid: 11193 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/93 datestamp: 2014-03-21 04:04:25 lastmod: 2017-07-26 06:12:26 status_changed: 2014-03-21 04:04:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YUNIAR EKA RUSTIKA, NIM. 10420038 title: PENCIPTAAN BI’AH LUGAWIYYAH MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB ANGKATAN TAHUN 2011/2012) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. H. Ahmad Janan Asifuddin, MA abstract: Yuniar Eka Rustika, Upaya Penciptaan Bi’ah Lugawiyyah Melalui Optimalisasi Pembelajaran Al-Kalam di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan PBA Angkatan Tahun 2011/2012). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan mahasiswa jurusan PBA angkatan tahun 2011/2012 dalam mengoptimalkan pembelajaran Al-Kalam dan upaya dosen dalam menciptakan aktivitas berbahasa Arab saat pembelajaran Al-Kalam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan subyek penelitian mahasiswa jurusan PBA angkatan tahun 2011/2012 dan dosen Al-Kalam di jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif. Dalam analisa data tersebut dimulai dengan menelaah data, setelah data terhimpun kemudian diklarifikasikan dan dianalisis isinya, kemudian diinterpretasikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan mahasiswa dalam mengoptimalkan pembelajaran Al-Kalam dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan mahasiswa. Mayoritas mahasiswa yang mampu mengoptimalkan pembelajaran Al-Kalam dan ikut berperan aktif dalam pembelajaran Al-Kalam adalah mahasiswa yang latar belakang pendidikannya dari pondok bahasa. (2) Upaya dosen untuk menciptakan aktivitas berbahasa Arab saat pembelajaran Al-Kalam adalah dengan mewajibkan dirinya dan para mahasiswa untuk berkomunikasi dengan bahasa Arab selama kegiatan pembelajaran Al-Kalam berlangsung. date: 2014-01-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: YUNIAR EKA RUSTIKA, NIM. 10420038 (2014) PENCIPTAAN BI’AH LUGAWIYYAH MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB ANGKATAN TAHUN 2011/2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11193/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTARB%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11193/2/BAB%20II%2C%20III.pdf