@phdthesis{digilib11195, month = {January}, title = {OPTIMALISASI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS 5 SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10480003 SITI AISAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd}, keywords = {Kata kunci: optimalisasi, metode inquiri siswa tunarungu }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11195/}, abstract = {Siti Aisah, "Optimalisasi Metode Pembelajaran Inquiri pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Tunarungu Kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kendala yang dialami guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia; (2) mengetahui permasalahn yang dialami siswa tunarungu dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia; (3) mengetahui optimalisasi metode pembelajaran inquiri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) kendala yang dialami guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswa tunarungu kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta; (2) permasalahan yang dialami siswa ttmaningu pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta; (3) optimalisasi metode pembelajaran inquiri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu kelas 5 SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentansi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: kendala dan pemasalahan yang dihadapi siswa tunartmgu dan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang diambil berdasarkan wawancara dan observasi, optimalisasi metode pembelajaran inquiri yang diambil berdasarkan wawancara dan observasi, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengambil data seperti gambaran umum sekolah, RPP, dan hasil belajar. Indikator hasil penelitian ini adalah: (1) tercapai 3 ranah pembelajaran (kognitif, afektif, psikomotorik), (2) tercipta komunikasi dalam pembelajaran, (3) tercapainya nilai KKM ({\ensuremath{>}}=70). Optimalisasi metode inquiri dilaksanakan pada perencanaan dan proses pembelajaran, dan untuk mengetaui optimalnya metode inquiri dilihat pada hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran inquiri pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu optimal. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator yang ditentukan. } }