eprintid: 11199 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/11/99 datestamp: 2014-03-21 05:55:35 lastmod: 2014-03-21 05:55:35 status_changed: 2014-03-21 05:55:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ULFA NUR FAIZAH, NIM. 10470058 title: URGENSI NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI MODAL DALAM MEMBANGUN MORAL BANGSA ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Nilai —nilai Pendidikan Islam, Modal, Moral Bangsa. note: Pembimbing : Prof. Dr. Abd.Rachman Assegaf, M.A. abstract: Ulfa Nur Faizah. Urgensi Nilai Nilai Pendidikan Islam sebagai Modal dalam Membangun Moral Bangsa. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa Bangsa Indonesia yang sekarang ini semakin terpuruk karena terjadi dekadensi moral di berbagai lapisan masyarakat. Seperti korupsi, tindakan brutal dan anarkis dalam masyarakat, tawuran pelajar. Berangkat dari itu, penelitian ini mencoba menguraikan permasalahan-permasalahan moral yang terjadi pada Bangsa Indonesia dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan Islam sebagai cara untuk mengantisipasi dan mencari pemecahan masalah dari problem-problem yang terjadi di bangsa Indonesia. Penelitian ini merupakan Library Research atau penelitian kepustakaan. Pendekatan yang dugunakan adalah pendekatan filosofis dan sosiologis digunakan untuk menguraikan berbagai permasalahan moral pada bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeslcripsikan tentang konsep nilai-nilai pendidikan Islam; mengetahui, membahas dan menganalisa nilai-nilai pendidikan Islam sebagai modal dalam membangun moral bangsa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep nilai-nilai pendidikan Islam pada dasamya berlandaskan pada nilai-nilai Islam yang meliputi aspek kehidupan, baik itu yang mengatur tentang hubungan manusia dengan Khaliqnya, hubungan manusia dengan manusia lain dan hubungan manusia dengan lingkungannya. Dalam pendidikan disini bertugas untuk mempertahankan, menanamkan, dan mengembangkan kelangsungan berlimgsinya nilai-nilai Islam. Nilai-nilai pendidikan Islam seperti nilai Illahi dan Nilai lnsani menjadi sesuatu yang sangat penting diaplikasikan dalarn kondisi bangsa saat mi. Permasalahan Bangsa dan dekadensi moral yang terjadi di Indonesia, sudah menjadi tugas utama pendidikan Islam untuk merekonstuksi sehingga tidak semakin terpuruk dilanda krisis moral. Urgensitas penerapan nilai nilai pendidikan Islam di Indonesia merupakan hal yang tentu memberikan nicai positif bagi perahban Bangsa, disamping tujuan dan hakikat pendidikan Islam yang memang bertujuan untuk membentuk insan manusia yang bermoral dan bermartabat. Pendidikan Islam menjadi solusi altematif bagi penyelesaian masalah yang sedang melanda bangsa Indonesia. Nilai nilai pendidikan Islam hams terus kita aplikasikan di kehidupan kita sehari-hari, baik dilingkungan keluarga masyarakat serta bangsa dan negara. Kualitas pendidikan semakin hari hams kita tingkatkan baik dari segi Sumber Daya Manusia, kurikulum dan implementasinya. date: 2014-02-06 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ULFA NUR FAIZAH, NIM. 10470058 (2014) URGENSI NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI MODAL DALAM MEMBANGUN MORAL BANGSA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/5/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/6/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/7/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/8/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/9/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/10/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/11/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/12/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11199/22/small.jpg