eprintid: 11201 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/12/01 datestamp: 2014-03-21 06:16:35 lastmod: 2017-08-02 07:23:42 status_changed: 2014-03-21 06:16:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: BEFIKA FITRIYA DEWI, NIM. 10410058 title: KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN MENURUT MARIO TEGUH DAN IMPLIKASINYA DALAM KEPEMIMPINAN GURU PAI ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : H. Suwadi, M.Ag., M.Pd. abstract: BEFIKA FITRIYA DEWI. Konsep Kepemimpinan Pendidikan menurut Mario Teguh dan Implikasinya dalam Kepemimpinan Guru PAI. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep kepemimpinan pendidikan menurut Mario Teguh dan menjelaskan implikasinya di dalam kepemimpinan guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menekankan pada kajian kepustakaan. Sumber dari penelitian ini adalah karya Mario Teguh yang terdiri dari buku dan data lain yang terkait Mario Teguh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analisis, yaitu melakukan tahap pencarian data, tahap mengumpulkan, dan tahap menganalisis. Adapun data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan content analisis, yaitu dengan memaknai dari keseluruhan pemikiran Mario Teguh terkait dengan kepemimpinan pendidikan yang nantinya diketahui bagaimana implikasinya dalam kepemimpinan guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan yang diungkapkan Mario Teguh berupa bentuk pelayanan kepada anggota organisasinya, memberikan pelayanan, kesejahteraan bagi orang banyak, dan memiliki sifat yang wajib dimiliki seorang pemimpin, sifat tanggung jawab, jujur, tegas, berani, rendah hati dan penyayang, serta ikhlas. Konsep Mario Teguh dalam kepemimpinan pendidikan menekankan kompetensi guru PAI untuk mampu (a) mengelola pembelajaran dengan baik sehingga menciptakan perubahan kualitas bagi siswa, (b) menjadi seorang guru yang berpengaruh dan menjadi pembesar dalam dunia pendidikan yang memimpin dengan adil, tegas, dan penuh kasih sayang, (c) memperhatikan dan memilih tindakan yang dilakukan untuk perbaikan kualitas pendidikan. 2) Kepemimpinan Guru PAI menurut Mario Teguh dalam proses pembelajaran terwujud dalam tahapan kegiatan mengajar, yaitu menanamkan sifat kepemimpinan jujur dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Di samping itu melakukan cara-cara baru dalam menyampaikan materi, dan memberikan pelayanan pengajaran kepada siswa sepenuh hati termasuk wujud kepemimpinan pendidikan. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Agama No.16 Tahun 2010, seorang guru PAI harus bisa mengamalkan ajaran agama sebagai bagian dari proses pembelajaran agama, dan melahirkan cara baru agar dapat menjadi sosok pemimpin pendidikan yang berkualitas. date: 2014-02-06 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: BEFIKA FITRIYA DEWI, NIM. 10410058 (2014) KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN MENURUT MARIO TEGUH DAN IMPLIKASINYA DALAM KEPEMIMPINAN GURU PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11201/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11201/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf