eprintid: 11203 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/12/03 datestamp: 2014-03-21 06:22:20 lastmod: 2017-02-16 03:09:10 status_changed: 2014-03-21 06:22:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: INTAN MARIA ULFAH, NIM. 10481023 title: STUDI KORELASI KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MI NEGERI SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Supervisi Kepala Madrasah, Pembelajaran, Kinerja Guru note: Pembimbing : Dr. Subiyantoro, M. Ag abstract: Intan Maria Ulfah, “Studi Korelasi Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Di MI Negeri Se-Kabupaten Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan supervisi pembelajaran di MI Negeri Kabupaten Gunungkidul, 2) kinerja guru di MI Negeri Kabupaten Gunungkidul, korelasi antara kepala madrasah sebagai supervisor pembelajaran terhadap kinerja guru MI Negeri Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu angket (kuesioner), wawancara, dokumentasi, dan observasi. Setelah memperoleh data, peneliti melakukan pengujian instrumen melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan normalitas. Selanjutnya dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kinerja guru di MIN Kabupaten Gunungkidul adalah sangat tinggi (88,37%). Selain itu hasil peran kepala madrasah sebagai supervisor pembelajaran adalah tinggi (62,79%). Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak ada korelasi positif dan signifikan antara kepala madrasah sebagai supervisor pembelajaran terhadap kinerja guru di MIN Kabupaten Gunungkidul. Supervisi pembelajaran dapat mempengaruhi kinerja guru sebesar -0,130, dan sign.(2-tailed) sebesar 0,407. Sedangkan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja guru dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yaitu kemampuan intelektual individu dan keadaan lingkungan madrasah. date: 2014-01-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: INTAN MARIA ULFAH, NIM. 10481023 (2014) STUDI KORELASI KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MI NEGERI SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11203/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11203/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf