<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n"^^ . "Rindi Lelly Anggraini. “Model Pembelajaran Inklusi Untuk Anak\r\nBerkebutuhan Khusus (ABK) Kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta.\r\nSkripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan\r\nKalijaga, 2013.\r\nPendidikan inklusi adalah pendidikan pada sekolah umum yang disesuaikan\r\ndengan kebutuhan peserta didik yang memerlukan pendidikan khusus dalam\r\nsatu kesatuan yang sistemik. Model yang diberikan sekolah inklusi ini\r\nmenekankan pada keterpaduan penuh, menghilangkan keterbatasan dengan\r\nmenggunakan prinsip education for all. Pembelajaran untuk Anak\r\nBerkebutuhan Khusus (student with special needs) membutuhkan suatu\r\nstrategi tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing–masing.Model\r\npembelajaran terhadap peserta didik berkebutuhan khusus yang di persiapkan\r\noleh guru di sekolah, ditujukan agar peserta didik mampu berinteraksi\r\nterhadap lingkungan sosial. Pembelajaran tersebut disusun secara khusus\r\nmelalui penggalian kemampuan diri peserta didik yang didasarkan pada\r\nkurikulum berbasis kompetensi.\r\nPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana\r\nproses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas V SD Negeri\r\nGiwangan Yogyakarta, (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat\r\ndalam proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas V SD\r\nNegeriGiwangan Yogyakarta.\r\nJenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang\r\nmengambil lokasi di SD NegeriGiwangan Yogyakarta. Pengumpulan data\r\ndilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara.\r\nAnalisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang\r\nberhasil dikumpulkan, kemudian dari makna itulah ditarik kesimpulan.\r\nPemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran inklusi di\r\nkelas V SD Negeri Giwangan dengan menyatukan peserta didik normal\r\ndengan peserta didik berkebutuhan khusus (kelas penuh)di bawah\r\npengawasan guru kelas atau guru mata pelajaran dan guru pendamping\r\nkhusus. RPP yang digunakan dalam pembelajaran inklusi di kelas VA adalah\r\nRPP pada umumnya dan RPP individual untuk peserta didik ABK.(2) Faktor\r\npendukung proses pembelajaran adalah sarana dan prasarana yang cukup\r\nmemadai, adanya dukungan dari Direktorat PLB , guru membuat program\r\nkhusus, orang tua/wali peserta didik ABK membawa guru pendamping\r\nkhusus sendiri, dan memperoleh bantuan dana dari berbagai pihak. Faktor\r\npenghambat proses pembelajaran inklusi di kelas V yaitu kurangnya peran\r\nserta orang tua dalam kemajuan kemampuan peserta didik ABK, guru kurang\r\nmemahami kebutuhan khusus dan keberagaman dari peserta didik ABK, guru\r\npelajaran tidak membuat administrasi kelas, guru kurang inovatif dalam\r\nmenyampaikan materi pembelajaran, dan kurangnya tenaga pendidik bagi\r\npeserta didik ABK di sekolah.\r\n"^^ . "2014-01-24" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10481030"^^ . "RINDI LELLY ANGGRAINI "^^ . "NIM. 10481030 RINDI LELLY ANGGRAINI "^^ . . . . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI\r\nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)\r\nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #11205 \n\n \nPROSES PEMBELAJARAN INKLUSI \nUNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) \nKELAS V SD NEGERI GIWANGAN \nYOGYAKARTA \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .