@phdthesis{digilib11208, month = {February}, title = { GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR?AN SISWA-SISWI SD MUHAMMADIYAH SAPEN DI NITIKAN YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410062 TEDI CHOIRUL BASYIR}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11208/}, abstract = {Tedi Choirul Basyir. Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur?an siswa siswi SD Muhammadiyah Sapen di Nitikan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tugas utama guru salah satunya adalah mendidik dan membimbing peserta didik untuk belajar serta mengembangkan potensi dirinya. Dalam memahami dan menghayati isi kandungan al-Qur?an dibutuhkan juga pemahaman baca tulis al-Qur?an yang baik, karena pemahaman baca tulis al-Qur?an menjadi syarat penting yang harus dikuasai dalam mengkaji dan memahami materi ayat-ayat al-Qur?an. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran siswa SD Muhammadiyah Sapen Di Nitikan Yogyakarta, upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qu?an serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses guru PAI dalam meingkatkan kemampuan membaca al-Qur?an siswa SD Muhammadiyah Sapen Di Nitikan Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan proses penerapan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur?an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di SD Muhammadiyah Sapen Di Nitikan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa SD Muhammadiyah Sapen Di Nitikan Yogyakarta perlu ditingkatkan karena masih ada beberapa siswa yang kurang lancar dalam membaca al-Qur?an seperti adanya siswa yang kurang memahami tanda waqof dalam al-Qur?an, kurang betul dalam pengucapan mahkorijul huruf serta panjang pendeknya. Maka upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran siswa tertuang dalam beberapa hal, yaitu melakukan penerapan metode menyimak,penerapan metode belajar privat (face to face), tadarus al- Qur?an setiap hari, bersikap sabar dan telaten, pemanfaatan sumber belajar, memberikan motivasi. adapun faktor pendukung upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran siswa adalah dengan mengadakan bimbingan berkelanjutan di sekolah dan diharapkan siswa yang mengalami kesulitan membaca Al Qur?an bisa diatasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian dari orang tua dalam hal membaca Al Qur?an karena beragamnya kemampuan siswa.} }