@phdthesis{digilib11221, month = {February}, title = {STRATEGI KEBIJAKAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI SD NEGERI CABE, RONGKOP, GUNUNGKIDUL }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = { NIM. 10481004 ANJAR WAHYU WIBAWATI}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Subiantoro, M. Ag}, keywords = {Kata kunci: Strategi kebijakan kepemimpinan kepala sekolah, dan profesionalisme guru }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11221/}, abstract = {Anjar Wahyu Wibawati ?Strategi Kebijakan kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pembinaan Profesionalisme Guru Di SD Negeri Cabe Rongkop Gunungkidul?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai pemimpin satuan pendidikan sebagai kunci yang dapat mendorong perkembangan kemajuan sekolah. keberhasilan yang utama dalam melahirkan output peserta didik dengan membentuk figur guru menjadi guru-guru yang profesional. Karena strategi kebijakan guru merupakan ujung tombak dalam pengembangan kemajuan sekolah, permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi kebijakan kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru di SD Negeri Cabe Rongkop Gunungkidul dan bagaimana profesionalisme guru-guru SD Negeri Cabe Rongkop Gunungkidul. Serta habatan-hambatan kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru SD Negeri Cabe Rongko Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di SD Negeri Cebe Rongkop Gunungkidul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Adapun dalam penelitian ini teknik memeriksa keabsahan data digunakan yaitu digunakan yaitu teknik triangulasi Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Di SD Negeri Cabe Rongkop Gunungkidul strategi kebijakan kepala sekolah dalam pembinaan rofesionalisme guru sudah sangat baik, seperti kepala sekolah mengadakan sharing, guru diikutsertakan dalam pelatihan. (2) Kompetensi profesionalisme guru SD Negeri Cabe Rongkop Gunungkidul sangat baik, misalnya di samping guru-guru mengajar pada jam pelajaran juga penambahan jam pelajaran di luar jam pelajaran sehingga hasilnya juga memuaskan seperti dalam kelulusan, SD Cabe mendapat peringkat 4 dari 25 Sekolahan UPT Rongkop Gunungkidul. (3) Faktor penghambat dalam pembinaan profesionalisme guru adalah kurangnya sarana dan prasarana sekolah, dan faktor pendukungnya adanya kekeluargaan antar warga sekolah, serta ada dua faktor yang dapat menunjang dan pengahambat strategi kebijakan kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru yaitu dari faktor intern dan ekstern. } }