%A NIM. 09470087 ARIF TRI KURNIAWAN %O Pembimbing : Rinduan Zain, S.Ag, M.A, Ph.D %T ANALISIS KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT KI HADJAR DEWANTARA %X ARIF TRI KURNIAWAN. “Analisis Konsep Pendidikan Anak Menurut Ki Hadja r Dewantara“Skripsi. Yogyakarta :Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2013. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Konsep pendidikan anak menurut Ki Hadjar Dewantara dalam upaya untuk menciptakan konsep pendidikan anak yang benar dan tepat, sehingga mampu membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka ( library research ),teknik pengumpulan datanya dilakukan di perpustakaan dengan didasarkan atas pembacaan-pembacaan terhadap beberapa literature yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian. Adapun literature tersebut dapat berupa jurnal,laporan hasil penelitian, majalah ilmiah, surat kabar, buku, hasil seminar dan lain sebagainya yang memiliki relevansi dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pendidikan anak memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kemajuan sebuah Negara atau bangsa sebab pendidikan anak merupakan faktor utama bagi terciptanya dan terbentuknya generasi penerus bangsa yang berkualitas. Didalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas jalannya melalui pendidikan yang baik dan tepat yaitu sesuai dengan kodrat hidup dan karakteristik anak yang dipenuhi dengan rasa senang dan bebas dalam hidupnya, sehingga dapat menumbuhkembangkan semua potensi anak dengan maksimal. Pendidikan tersebut dapat ditemukan dalam kegiatan bermain atau permainan. Bermain atau permainan selain mengandung unsur-unsur yang menyenangkan serta membebaskan yang sesuai dengan kodrat hidup dan karakteristik anak juga mengandung banyak manfaat dalam proses tumbuhkembang seorang anak baik itu dari segi fisik, intelektual, emosional dan sosial. Sehingga pendidikan yang diperuntukkan bagi anak ini harus didasarkan atas unsur-unsur yang menyenangkan dan membebaskan pada setiap komponen program pendidikan tersebut baik yang meliputi ranah kurikulum ataupun ranah proses pembelajarannya. %K Kata Kunci :Kodrat Hidup dan Karakteristik anak, bermain/permainan. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib11226